Twitter resmi meluncurkan fitur ‘timeline’ kronologis

Twitter Home

Twitter akhirnya secara resmi meluncurkan fitur melihat timeline secara kronologis. Sebelumnya fitur ini sudah diluncurkan lebih dulu untuk iOS dan baru pada hari ini fitur ini tersedia untuk Android, secara resmi, tanpa perlu trik tambahan.

Untuk mengakses fitur ini Anda hanya perlu membuka aplikasi Twitter dan mencari tombol/ikon “spark” ✨ di kanan atas, tidak perlu meng-update aplikasi terlebih dahulu. Tombol ✨ ini memungkinkan Anda untuk berpindah-pindah antara dua pilihan atau jenis timeline, yaitu Home dan Latest Tweets. Anda akan tahu jenis timeline yang Anda pilih dari judul halaman yang ada pada aplikasi Twitter.

Home adalah timeline yang memprioritaskan tweet yang dianggap Twitter mungkin penting atau menarik bagi Anda, tweet highlights dari orang-orang yang Anda ikuti tetapi terlewatkan oleh Anda selama beberapa waktu, tweet yang di-Like dan di-Reply oleh orang yang Anda ikuti (namun tidak Anda ikuti) dan juga tweet dari akun yang tidak Anda ikuti tetapi diikuti oleh orang yang Anda ikuti. Intinya, Home adalah timeline yang berisi gabungan semua jenis tweet, alias tweet-tweet yang dimunculkan secara acak. Sedangkan Latest Tweets adalah model timeline yang memprioritaskan tweet terbaru dan real-time, alias kronologis, dari orang-orang yang Anda ikuti. Tweet-tweet yang tidak berguna (tweet iklan masih tetap ada) yang biasanya ada di timeline jenis Home tidak akan ditemui di Latest Tweets.

Sayangnya jenis timeline yang dipilih tidak bersifat permanen. Timeline yang sudah diubah ke Latest Tweets akan secara otomatis kembali ke Home lagi kalau Anda tidak membuka Twitter selama beberapa waktu. Agak menjengkelkan karena harus terus diubah ke mode kronologis biar tidak ketinggalan tweet-tweet dari orang-orang yang kita ikuti. Tapi ya, setidaknya kita sudah diberikan pilihan untuk bisa mengubah jenis timeline walaupun hanya sementara saja.

Twitter
Twitter
Developer: Twitter, Inc.
Price: Free

You may also like...