Tips melihat ‘timeline’ kronologis Twitter

Twitter

Pada saat kita membuka Twitter baik itu dari web/desktop atau dari aplikasi mobile, kita akan langsung masuk ke apa yang disebut sebagai Home timeline. Home timeline adalah halaman utama Twitter di mana semua jenis Tweet ditampilkan.

Home timeline adalah alasan mengapa timeline Twitter kita menjadi tidak kronologis lagi, beda dengan dulu. Ini karena Twitter membuat algoritma yang mengatur jumlah dan urutan Tweet yang muncul di timeline kita.

when we identify a Tweet, an account to follow, or other content that’s popular or relevant, we may add it to your timeline. This means you will sometimes see Tweets from accounts you don’t follow. We select each Tweet using a variety of signals, including how popular it is and how people in your network are interacting with it.

Home timeline adalah alasan mengapa terkadang ada akun yang tidak kita follow bisa tiba-tiba muncul di timeline kita, atau mengapa Tweet yang di-Like oleh orang lain juga ikut masuk ke timeline kita, padahal belum tentu penting dan bermanfaat bagi kita.

Untungnya ada cara untuk mengakali timeline yang berantakan. Yaitu dengan memanfaatkan fitur Search bawaan Twitter.

Fitur Search pada Twitter sebenarnya punya banyak fungsi yang sangat berguna untuk melakukan tugas tertentu, namun masih kurang diketahui orang. Nah salah satu fungsi yang bisa kita manfaatkan dalam kasus ini adalah dengan membuat operator pencarian khusus pada fitur Search untuk menampilkan Tweet dari orang yang kita ikuti saja.

  1. filter:follows -filter:replies
  2. Alamat lengkapnya di: https://twitter.com/search?f=tweets&q=filter%3Afollows%20-filter%3Areplies

  3. filter:follows -filter:replies include:nativeretweets
  4. Alamat lengkapnya di: https://twitter.com/search?f=tweets&vertical=default&q=filter%3Afollows%20-filter%3Areplies%20include%3Anativeretweets

Hasil yang didapatkan dari filter (1) ini adalah kita bisa melihat Tweet di timeline kita secara kronologis, secara berurutan, tanpa diatur-atur oleh algoritma. Semua Tweet akan tampil secara berurutan, dimulai dari yang awal sampai yang belakangan. Bahkan Tweet follow-up (Tweet original yang membalas ke Tweet lama) yang biasanya akan memunculkan lagi Tweet lama yang dibalas tetap akan muncul secara Tweet individu. Tapi, -filter:replies hanya memunculkan Tweet dan quote Tweet saja.

Sedangkan pada filter (2) hampir sama dengan filter (1), bedanya adalah filter (2) juga mengikutkan RT/Retweets dari orang-orang yang Anda ikuti.

Filter (1) bisa diakses dengan cepat dari alamat http://realtwitter.com, sedangkan untuk filter (2) bisa diakses dari http://retweets.realtwitter.com (terima kasih kepada @everyplace sang pemilik domain).

Lalu bagaimana dengan pengguna aplikasi mobile Twitter? Gampang, tidak perlu repot-repot mengetik semuanya secara manual ke kolom pencarian, cukup bookmark Tweet saya (dari aplikasi) di atas yang berisikan alamat ke masing-masing filter dan akses kembali kapanpun Anda butuh. Tips: pindah tab Latest untuk beralih ke tampilan kronologis.

Trik ini bisa bekerja untuk aplikasi mobile dan juga Twitter web/desktop, dan semua Tweet yang muncul dari fitur filter tetap akan ter-update secara otomatis dan realtime, seperti biasa, jadi tidak perlu repot-repot me-refresh halaman.

Referensi: https://help.twitter.com/en/using-twitter/twitter-timeline https://help.twitter.com/en/using-twitter/advanced-twitter-mute-options

You may also like...