Cara membeli dan membayar saldo Google Play Store dari Alfamart

Pengguna smartphone Android di Indonesia sudah sangat dimudahkan dalam hal pembelian aplikasi dan konten-konten lainnya di Google Play Store. Ada berbagai macam metode pembayaran yang tersedia yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun di antara berbagai macam metode yang tersedia, satu metode pembayaran yang layak dicoba adalah pembelian saldo dari minimarket Alfamart.

Yang dimaksud dengan pembelian saldo dari Alfamart bukanlah membeli voucher fisik yang dijual di toko, tetapi memesan saldonya dari Google Play Store terlebih dulu lalu membayarnya di kasir Alfamart. Bagaimana caranya? Gampang.

Cara membeli saldo Google Play Store dari Alfamart
  1. Buka aplikasi Google Play Store, buka menu Play Store dengan men-tap foto profil Anda yang ada di kanan atas (di ujung kolom pencarian).
  2. Pilih Payments & subscriptions, lalu pilih Payment methods.
  3. Dari daftar metode pembayaran yang tersedia, cari pilihan Buy Google Play Credit at Alfamart atau Buy Google Play Credit at minimarket.
  4. Kemudian pilih jumlah saldo yang ingin Anda beli, lalu pilih Continue untuk lanjut ke proses berikutnya.
  5. Lalu akan muncul dialog konfirmasi untuk pembelian saldo Anda, jumlah serta jenis pembayaran/sumber dana. Pastikan Alfamart (At the cashier) sudah dipilih pada bagian sumber dananya.
  6. Kalau sudah yakin, pilih Get Payment Code untuk lanjut ke proses berikutnya.
  7. Kemudian akan muncul barcode yang bisa Anda download dan bawa ke kasir Alfamart.
  8. Periksa juga kotak masuk email Anda untuk mendapatkan kode pembayarannya seandainya Anda lupa atau tidak sempat men-download barcode-nya dari Play Store.

Setelah mendapatkan kode pembayaran, Anda tinggal memberitahukan kepada kasir Alfamart-nya kalau Anda mau membayar voucher Google Play Store. Nanti kasirnya akan minta kodenya dan Anda tinggal bayar saja. Setelah membayar, saldo atau Google Play balance Anda akan bertambah secara otomatis.

Tapi bagaimana kalau Anda sudah pesan saldo dan kode pembayarannya sudah masuk ke email tapi Anda lupa atau tidak sempat datang ke Alfamart untuk membayarnya pada hari itu juga? Jangan khawatir, kode pembayarannya akan aktif selama satu minggu. Anda masih punya kesempatan membayarnya di lain hari selama kodenya belum expired. Kalau seandainya sudah lewat satu minggu dan Anda belum melakukan pembayaran juga, maka kodenya akan hangus dan tidak bisa lagi digunakan. Tidak masalah, Anda hanya perlu memesan ulang saldonya kembali untuk mendapatkan kode pembayaran yang baru.

Nah, kalau misalnya Anda berubah pikiran dan mau mengubah nominal saldo yang Anda beli, atau malah tidak jadi membelinya sama sekali, Anda bisa saja membatalkan sendiri pembelian saldonya.

Cara membatalkan pemesanan saldo Google Play Store
Google Play Store - Budget & history
  1. Buka aplikasi Play Store, buka menu Play Store dengan men-tap foto profil Anda yang ada di kanan atas (di ujung kolom pencarian).
  2. Pilih Payments & subscriptions lalu pilih Budget & history.
  3. Akan tampil riwayat pemesanan dan pembelian pada akun Anda. Cari pemesanan saldo yang masih berstatus Pending dari daftar tersebut dan tap namanya, pilih Cancel untuk membatalkan, lalu pilih Cancel purchase untuk konfirmasi pembatalan.
  4. Setelah mengkonfirmasi pembatalan, kodenya tidak akan bisa dipakai lagi. Silakan membuat pemesanan yang baru lagi.

Yang saya sukai dan kenapa saya merekomendasikan pembelian saldo dari Alfamart adalah harga yang dibayarkan sesuai dengan saldo yang dibeli. Kalau pesannya saldo Rp100.000 maka yang dibayar dan tercetak di struk adalah Rp100.000 juga, tidak ada tambahan PPN (10%), lumayan menghemat terutama untuk pembelian saldo dengan nominal besar. Tapi ya, Anda mungkin tidak selalu bisa datang langsung ke toko untuk melakukan pembayaran, pasti ada saat di mana Anda butuh saldo dan tidak memungkinkan untuk keluar rumah sehingga harus menggunakan metode pembayaran online, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan.