Atasi masalah gambar dan video tidak muncul di Twitter

Twitter - Images failed

Beberapa hari terakhir (kira-kira dimulai sejak awal April) saya mendapati gambar-gambar dan video di aplikasi Twitter saya tidak muncul sama sekali. Apa penyebabnya?

Awalnya masalah tersebut saya abaikan karena saya pikir mungkin lagi ada masalah di server Twitter, atau koneksi Internet lagi lambat dan akhirnya berpengaruh ke file medianya. Tapi ternyata sejak saya mulai terganggu dengan kondisi itu dan mulai fokus untuk cari tahu masalahnya di mana, saya mengamati kalau gambar dan video di Twitter tetap bermasalah walau di jaringan yang cukup stabil dan kencang. Saya coba menghapus cache aplikasi Twitter, tapi tetap belum berhasil. Padahal bisa streaming YouTube dengan lancar. Saya coba buka Twitter dari browser, dan ternyata sama saja gambar dan video tidak muncul. Jadi… ada kesamaan antara browser (Chrome) dan aplikasi Twitter di perangkat saya, yaitu sama-sama pakai jaringan Internet yang sama. Jadi kesimpulan saya ada yang salah dengan jaringan Internet saya. Akhirnya saya coba akifkan VPN di Chrome dan di perangkat saya juga, dan ternyata berhasil. Foto profil, gambar dan video di Tweet, gambar/thumbnail artikel akhirnya muncul lagi.

Di Twitter sudah banyak sekali yang mengeluhkan masalah ini. The eff is happening?

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan dan penjelasan kenapa gambar-gambar dan video di Twitter tidak muncul. Tapi, kalau Anda sudah..

  • Me-restart (mematikan dan menghidupkan ulang) perangkat Anda
  • Menggunakan koneksi Internet yang kencang dan stabil
  • Menghapus cache dan/atau clear data pada aplikasi Twitter
  • Meng-install ulang aplikasi Twitter dari Play Store (atau App Store)

… tapi tetap belum berhasil, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah jaringan Internet Anda yang memblokir gambar dan video di Twitter.

Jadi bagi Anda pengguna Twitter yang mengalami masalah yang sama dengan di atas, silakan coba pakai VPN atau ganti DNS. Kalau secara pribadi saya lebih merekomendasikan untuk ubah DNS saja (atau menggunakan aplikasi pengubah DNS pihak ketiga), tidak perlu install VPN (kecuali sudah ter-install sebelumnya), karena penggunaan VPN akan berpengaruh lebih besar ke kecepatan Internet Anda dibandingkan mengubah DNS.

Untuk mengubah DNS di perangkat Anda setidaknya ada dua cara yang mudah, yaitu menggunakan fitur Private DNS yang merupakan fitur bawaan di perangkat-perangkat Android (Android 9 ke atas), dan menggunakan aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare.

Menggunakan Private DNS

Untuk perangkat dengan Android 9 ke atas, sudah ada fitur Private DNS yang memungkinkan pengguna untuk mengubah DNS yang digunakan oleh sistem (global).

Android - Private DNS

Cara mengubah DNS dengan Private DNS adalah:

  1. Buka Settings > Network & internet > Advanced > Private DNS.
  2. Pilih opsi Private DNS provider hostname.
  3. Isi dengan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com lalu Save.

Menggunakan aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare

Selain mengubah secara manual, pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare untuk menerapkan fungsi yang sama. Cara ini disarankan untuk perangkat-perangkat yang belum mendukung fitur Private DNS.

  1. Buka Google Play Store, dan cari “1.1.1.1” lalu install.
  2. Setelah ter-install buka 1.1.1.1 dan aktifkan WARP/WARP+.

Setelah selesai mengubah DNS atau selesai meng-install 1.1.1.1 dari Play Store, coba buka Twitter kembali dan cek apakah caranya berhasil. Seharusnya semua tweet baru sudah akan muncul gambarnya, tetapi kalau belum, coba aktifkan mode pesawat / Airplane mode dan nonaktifkan lagi untuk me-refresh jaringan Internet-nya. Semoga berhasil.

Hasil setelah ganti DNS (atau pakai VPN), konten media sudah bisa muncul kembali:

Referensi: https://blog.cloudflare.com/enable-private-dns-with-1-1-1-1-on-android-9-pie/

You may also like...