Baru di Google Lens: Salin teks ke PC dan fitur pengucapan teks

Google Lens

Google Lens, aplikasi pengenal objek multifungsi dari Google baru saja mendapatkan fitur baru, yaitu fitur penyalinan teks ke komputer dan fitur pengucapan kata.

Fitur “Copy to computer”

Dengan fitur pengenalan teks, Google Lens mampu mengenali teks, kalimat ataupun paragraf yang ada pada benda-benda seperti poster, majalah, buku, dan lain sebagainya. Google mampu mengenali dengan baik tulisan cetak dan juga tulisan tangan biasa.

Dengan fitur baru ini pengguna dapat menyalin teks yang dikenali Google Lens dan mengirimnya ke komputer melalui browser Google Chrome (dengan syarat pengguna harus log in di Google Chrome terlebih dahulu). Caranya cukup mudah, tinggal sorotkan kamera (Google Lens) ke tulisan atau bisa juga ambil foto dari galeri, tunggu sampai tulisan dikenali lalu pilih bagian yang ingin disalin. Tap tombol “Copy to computer” dan pilih browser yang Anda gunakan.

Proses menyalin teks ini berlangsung instan. Setelah teksnya disalin dan dikirim ke PC, maka teksnya sudah bisa langsung di-paste di program lain. Sangat membantu untuk mendigitalkan tulisan dari satu media tanpa harus mengetik ulang.

Fitur “Listen”

Sebagai tambahan untuk fitur copy dan paste pada Google Lens, Google juga memasukkan fitur pengucapan untuk membantu pengguna mendengarkan bunyi teks yang disorot. Tinggal pilih tombol “Listen” pada teks yang disorot maka Anda bisa mendengarkan pengucapan teks tersebut. Bahasa pengucapan yang digunakan akan disesuaikan secara otomatis dengan teksnya. Misalnya, kalau teksnya dalam bahasa Indonesia maka pengucapannya pun dalam bahasa Indonesia.

Google Lens
Price: Free
Referensi: https://www.blog.google/products/google-lens/new-google-lens-features-help-you-be-more-productive-home/

You may also like...