Cara memasukkan stiker musik di Instagram Stories

Instagram Stories

Fitur musik di Instagram Stories sebenarnya sudah diperkenalkan sejak beberapa bulan lalu, tepatnya sejak Juni 2018. Sayangnya fitur musik ini tidak tersedia secara global, fiturnya hanya terbatas hanya untuk pengguna Instagram di negara-negara tertentu saja, dan Indonesia adalah salah satu negara yang belum kebagian fitur ini (per November 2018).

Namun bagi Anda pengguna Instagram yang sudah tidak sabar untuk mencoba fitur ini, Anda bisa mencoba trik di bawah ini untuk bisa mengakses fitur musik di Instagram Stories, walaupun negara Indonesia belum resmi kebagian.

Pada dasarnya trik yang digunakan adalah menggunakan koneksi VPN untuk mengelabui Instagram agar berpikir kalau kita sedang berada di negara yang sudah resmi mendapatkan fitur musik.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Install aplikasi VPN favorit Anda dari Google Play Store, misalnya Windscribe.
  2. Jalankan aplikasi VPN dan pilih server/negara yang mendukung fitur Stories, misalnya saja Inggris/United Kingdom.
  3. Setelah perangkat Anda sukses terhubung ke VPN, tutup paksa aplikasi Instagram dengan cara tap dan tahan ikon Instagram di home screen Anda lalu pilih App Info, kemudian pilih Force Stop.
  4. Kemudian buka kembali Instagram dan cobalah untuk membuat sebuah Story baru, kalau sukses maka stiker musik akan muncul pada daftar pilihan stiker.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Force close atau force stop bertujuan untuk me-refresh Instagram supaya koneksi VPN yang kita buat terbaca dengan baik oleh Instagram. Kalau seandainya Anda sudah coba melakukan force close dan ternyata stikernya masih belum muncul juga, coba lagi sampai bisa. Saya pun butuh berkali-kali mencoba untuk bisa memunculkan stiker musiknya. Atau Anda bisa mencoba cara clear data terlebih dahulu (tidak perlu uninstall). Clear data akan menghapus data-data aplikasi dan login Instagram Anda tetapi Anda bisa langsung login kembali tanpa kehilangan data yang lain.

Untuk mendengarkan musik dari Stories yang ada stiker musiknya Anda juga membutuhkan koneksi VPN. Kalau koneksi VPN-nya putus/tidak aktif, maka Anda tidak bisa mendengarkan apa-apa bahkan pada Stories yang Anda buat sendiri.

Musik yang dimainkan di Stories hanya berdurasi selama 15 detik saja, bukan satu lagu penuh. Untuk itu Anda diberikan pilihan untuk melakukan trim/crop pada lagu yang dimuat agar Anda bisa memilih bagian lagu yang ingin Anda mainkan di Stories Anda.

Selamat mencoba.

Windscribe VPN
Windscribe VPN
Developer: Windscribe
Price: Free+
Referensi: https://instagram-press.com/blog/2018/06/28/introducing-music-in-stories/

You may also like...