Cara putuskan akun Spotify dari Facebook

Kalau Anda dulunya mendaftar Spotify dengan menggunakan akun Facebook, bukan dengan email, maka Anda tidak bisa dengan mudah menghapus atau memutuskan sambungan Facebook dengan Spotify. Setidaknya itu yang disebutkan pada halaman bantuan Spotify

Catatan: Kamu tidak bisa memutuskan hubungan ke Facebook jika kamu memakainya untuk mendaftar. Tetapi, kamu bisa menutup akun dan mendaftar dengan metode yang berbeda, mis. menggunakan alamat email.

Menurut Spotify, Anda hanya bisa meng-unlink atau menghapus sambungan dengan akun Facebook Anda hanya kalau sambungan Facebook dan Spotify dibuat setelah akun Spotify-nya jadi. Dengan kata lain, sambungan dengan Facebook hanya bisa dihapus kalau akun Spotify-nya dibuat dengan email sejak awal.

Tapi jangan khawatir, ternyata masih ada cara lain (dapat dari sini), yang tidak disebutkan oleh Spotify di halaman Bantuan/Support-nya.

Cara putuskan Spotify dengan Facebook
  1. Buka situs Spotify dari browser, dan pastikan Anda log out terlebih dulu.
  2. Saat masih di situs yang sama, buka halaman login dan cari link “lupa password”. Atau bisa langsung buka halaman atur ulang sandi (setelah log out).
  3. Masukkan alamat email yang terasosiasi dengan akun Facebook Anda, yaitu email yang Anda pakai untuk login ke Facebook.
  4. Tunggu sampai email dari Spotify masuk, kemudian atur ulang sandi dari link yang diberikan.
  5. Hapus Spotify dari daftar aplikasi Facebook.
  6. Buka Spotify di semua perangkat yang Anda miliki dan login kembali dengan email dan password yang baru Anda buat.
  7. Selesai.

Cara di atas bekerja dengan baik dan sudah saya coba sendiri di akun pribadi saya tanpa ada kendala. Hanya perlu mengatur ulang sandi, dan login kembali dengan email dan password yang baru.

Lalu setelah memutuskan akun Facebook dengan Spotify selanjutnya apa?

Kebanyakan orang-orang memutuskan koneksi akun Facebook dan Spotify karena mau berhenti menggunakan Facebook, atau mungkin karena akun Facebook-nya sedang bermasalah. Sebagian lagi melakukannya karena mau login ke Spotify hanya dengan email dan password saja. Apapun itu, silakan ikuti trik di atas kalau Anda merasa butuh.