Menambahkan background foto ke Instagram Stories

Instagram Stories

Selain mengubah warna background di Instagram Stories sebenarnya kita juga bisa menjadikan sebuah foto sebagai sebuah background di Stories yang kita buat. Namun cara ini tidak tersedia sebagai sebuah fitur bawaan di Instagram, oleh karena itu kita memerlukan bantuan aplikasi lain, yaitu aplikasi keyboard, yang dalam hal ini adalah SwiftKey Keyboard.

SwiftKey sebenarnya adalah aplikasi keyboard biasa dan tidak terintegrasi langsung dengan Instagram, tetapi SwiftKey memiliki fitur stiker yang memungkinkan pengguna membuat stiker kustom dari foto/gambar baru yang dimasukkan pengguna. Dengan memanfaatkan fitur stiker tersebut kita jadi bisa menyisipkan gambar ke Instagram Stories pada saat mode teks aktif.

Cara tambahkan latar/background ke Instagram Stories

Langkah-langkahnya lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan sebuah story yang ingin ditambahkan background foto, bisa berupa gambar atau foto biasa yang Anda upload dari galeri atau bisa juga dari postingan foto orang/akun lain (share feed posts to Stories). Pada contoh ini saya mengambil foto dari postingan akun Netflix.
  2. Munculkan keyboard (SwiftKey) dengan men-tap mode teks ‘Aa’.
  3. Saat keyboard SwiftKey muncul, aktifkan toolbar-nya dengan men-tap ikon plus ‘+’ di kiri atas lalu geser sampai ada tombol ‘Collection’ yang berupa ikon pin 📌
  4. Tap tombol ‘Create’ lalu cari gambar atau foto yang ingin Anda jadikan background.
  5. Kemudian gambar yang dipilih akan masuk ke halaman Stories, silakan ubah posisinya, ukurannya atau tambahkan gambar yang lain sesuai keinginan Anda.
  6. Selamat mencoba.

Cara agar background-nya memenuhi seluruh layar

Kalau Anda sudah sukses memasukkan foto atau gambar sebagai background Story Anda seperti cara yang ada di atas, Anda pasti akan tahu kalau gambar yang baru saja dimasukkan tersebut tidak akan bisa menutupi seluruh layar karena gambar background-nya tidak akan bisa digeser lagi. Kalau background-nya di-tap kemudian diperbesar lalu digeser maka foto yang menjadi post utama akan tertutupi, sedangkan kalau kita men-tap post-nya biar posisinya di atas lagi maka background-nya jadi tidak bisa digeser lagi karena posisinya ada di belakang post utama. Akibatnya akan ada ruang kosong sekitar 30% yang tidak bisa tertutupi background (tapi ini tergantung dari cara Anda memasukkan gambar background-nya, ruang kosongnya bisa saja ada di atas atau di bawah), contohnya seperti pada gambar terakhir di atas.

Solusinya? Cara paling mudah adalah Anda siapkan dua gambar yang akan dijadikan sebagai background.

Pertama, tentukan sebuah gambar utama yang masih utuh. Kemudian potong atau crop gambar utama tersebut sehingga menjadi dua bagian dengan porsi kira-kira sekitar 70% untuk bagian atas dan 30% bagian bawah (silakan coba langsung untuk lebih akuratnya). Lalu masukkan gambar pertama seperti biasa -lalu diikuti dengan gambar kedua. Gambar kedua ini dimasukkan untuk menutupi area bawah yang tidak bisa tertutupi gambar pertama.

Selamat mencoba.

Cara ubah/tambahkan background Spotify di Instagram Stories

Sama saja dengan cara di atas, begitu lagu Spotify-nya sudah di-share ke Instagram Stories maka proses menambahkan background-nya sama saja dengan di atas.

  1. Pastikan kalau Anda sudah mempersiapkan gambar atau foto yang akan dijadikan background.
  2. Cari lagu, album atau playlist favorit Anda di Spotify, lalu share Spotify ke Instagram Stories.
  3. Saat lagu Spotify-nya sudah masuk ke halaman Story, masukkan gambar atau foto yang akan dijadikan background dari SwiftKey dengan cara seperti di atas.
  4. Cara edit-nya sepert ini:
    • Masukkan gambar pertama
    • Tap cover Spotify dan geser ke atas dulu supaya tidak mengganggu
    • Masukkan gambar kedua, lalu geser sehingga posisinya menutupi area yang tidak tertutupi oleh gambar pertama.
    • Tap cover Spotify dan geser sesuai dengan posisi yang Anda inginkan.
  5. Selamat mencoba.

Menambahkan GIF

Selain foto atau gambar, kita juga bisa memasukkan gambar bergerak atau GIF ke dalam Stories. Caranya bukan dengan cara biasa melalui fitur stiker bawaan Instagram Stories, tetapi dari fitur GIF dari aplikasi keyboard juga. Caranya hampir sama dengan di atas, cari ikon GIF pada toolbar keyboard, lalu cari gambar GIF yang Anda inginkan dan sisipkan ke Stories Anda.

Yang perlu diperhatikan, yang membedakan foto biasa dengan GIF adalah gambar GIF yang dimasukkan ke Stories tidak bisa ditempatkan di belakang gambar utama, artinya gambar GIF-nya tidak bisa dijadikan latar belakang. Yang bisa ditempatkan di belakang adalah gambar biasa saja.

SwiftKey Keyboard
SwiftKey Keyboard
Developer: SwiftKey
Price: Free
Referensi: https://instagram-press.com/blog/2018/05/17/new-share-feed-posts-to-stories/ https://support.swiftkey.com/hc/en-us/articles/360000285049-How-to-manage-your-Collection

You may also like...