Cara mengaktifkan video ‘Canvas’ di Spotify

Kalau Anda pernah memainkan sebuah lagu dan muncul gambar yang memenuhi layar atau video pendek dan berulang di latar belakang lagu yang sedang dimainkan, itu adalah fitur Canvas.

Tentang Spotify Canvas

Video Canvas adalah video berulang (looping) yang memiliki durasi hingga 8 detik, menciptakan tampilan yang unik, keren, dan dinamis saat memainkan lagu-lagu di aplikasi Spotify (mobile).

Video Canvas adalah video pendek yang didesain khusus, bukan berasal dari video musik yang dipotong-potong dan dimasukkan ke Spotify. Kalau ada yang bingung kenapa video Canvas di Spotify terasa random dan berbeda dengan video clip resminya di channel YouTube, ya karena video Canvas memang bukanlah music video.

Cara aktifkan Canvas di Spotify

Fitur Canvas akan aktif secara default ketika Anda meng-install Spotify, tetapi kalau seandainya fiturnya tidak aktif atau Anda pernah menonaktifkannya, Anda bisa mengaktifkannya kembali melalui halaman pengaturan di aplikasi Spotify.

Cara mengaktifkan Canvas di aplikasi Spotify
  1. Buka aplikasi Spotify di perangkat Anda.
  2. Di halaman Home aplikasi Spotify, tap ikon gear di kanan atas.
  3. Scroll ke bawah sampai muncul Canvas, lalu aktifkan.
  4. Silakan cari dan putar beberapa lagu untuk memastikan apakah video Canvas-nya sudah muncul.

Canvas adalah fitur yang tersedia khusus untuk para artist di Spotify. Konten video Canvas-nya bukan dari Spotify langsung. Karena itu, walaupun Anda sudah mengaktifkannya tidak semua lagu akan secara otomatis menampilkan video Canvas karena videonya adalah video custom yang dibuat dan ditentukan sendiri oleh si artist (atau pengelola akunnya), apakah mau memasukkan video Canvas-nya atau tidak.

Membagikan lagu Spotify ber-Canvas di Instagram Stories

Satu hal yang menarik dari mengaktifkan Canvas adalah video looping-nya bisa muncul sebagai latar belakang album art ketika lagunya dibagikan ke Instagram Stories.

Instagram Stories - Spotify Canvas

Canvas ini membuat Instagram Stories kita jadi lebih keren dan berbeda dari biasanya. Prosesnya juga gampang, tinggal cari lagu yang ada video Canvas-nya lalu bagikan ke Instagram Stories. Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk meng-edit video.