Cara menonaktifkan video ‘Canvas’ di Spotify

Spotify Canvas Video

Bagi Anda yang sering mendengarkan musik di Spotify pasti pernah menemukan sebuah lagu yang ada videonya, video yang memenuhi layar yang menggantikan album art, dan berulang (looping) setiap beberapa detik. Fitur video tersebut namanya Canvas. Canvas bersama dengan “Behind the Lyrics” adalah fitur tambahan yang melengkapi visual di Spotify. Bedanya kalau konten yang ada pada Behind the Lyrics asalnya dari Genius sedangkan video Canvas di-upload oleh artist.

Meskipun sebenarnya fitur Canvas ini cukup keren karena membuat tampilan now playing Spotify jadi lebih menarik dan dinamis tapi ternyata banyak juga yang tidak suka dan lebih memilih untuk menghilangkannya. Alasannya macam-macam, yang paling umum adalah:

  1. lebih suka kalau tampilan Spotify konsisten dengan album art yang biasa,
  2. Spotify untuk mendengarkan musik, bukan untuk melihat video,
  3. dianggap menghabiskan paket data dan memenuhi ruang penyimpanan.

Untuk alasan yang ke-2 saya setuju, karena biasanya pas lagi mau dengar lagu smartphone saya langsung dimasukkan kantung baju atau celana jadi video atau efek visual apapun itu jadi tidak berguna. Selain itu videonya bukan video durasi penuh seperti video klip di YouTube, melainkan hanya potongan video yang dimainkan berulang sepanjang lagu dimainkan. Bahkan video yang ada pun tidak selalu video klip resmi dari lagu itu sendiri karena videonya bisa berupa apa saja sesuai dengan keinginan si artist pemilik lagu.

Untuk alasan yang ke-3 soal ruang penyimpanan menurut saya ada benarnya juga karena videonya pasti butuh di-download jadi otomatis ukuran cache jadi bertambah walaupun sedikit, tapi bagaimana dengan pemakaian kuota Internet? Menurut halaman Settings pada Spotify video Canvas ini “optimized to use very little data and battery” yang menurut saya merupakan alasan kenapa videonya cuma berupa video looping ala Boomerang bukan video durasi penuh, yaitu biar proses download videonya lebih cepat dan tidak mengganggu proses streaming lagu. Kalau saya sih percaya, dan tidak terlalu mempersoalkan masalah pemakaian kuota Internet, tapi bagaimanapun juga video Canvas adalah file tambahan, tetap saja memenuhi ruang penyimpanan tidak peduli kuota Internet-nya unlimited atau tidak.

Untungnya Spotify sudah menyediakan pilihan untuk menonaktifkan fitur Canvas bagi pengguna Spotify di iOS dan Android. Jadi, kalau Anda juga tidak suka dengan video klip yang tiba-tiba muncul, Anda bisa menonaktifkannya. Caranya adalah masuk ke halaman Your Library > Settings (ikon gear) lalu geser ke bawah sampai ada pilihan Canvas.

Spotify

Setelah Canvas dinonaktifkan maka tampilan now playing-nya akan jadi seperti biasa lagi.

Bagi yang tidak menemukan pilihan Canvas di halaman Settings, Anda bisa mencoba mengaktifkan Data Saver untuk mendapatkan hasil yang sama. Tapi perlu dicatat bahwa mengaktifkan fitur Data Saver bukan hanya menonaktifkan Canvas saja, tapi juga menurunkan kualitas lagu.

You may also like...