Mengaktifkan dan mencoba fitur Chat (RCS) di aplikasi Messages

Chat, sebuah fitur pesan yang berbasis layanan/protokol Rich Communication Services (RCS) akhirnya sudah bisa digunakan resmi di Indonesia.

Kalau Anda menggunakan aplikasi Messages sebagai aplikasi SMS utama, dan menggunakan operator seluler yang sudah mendukung protokol RCS, Anda mungkin akan mendapatkan pemberitahuan bahwa sebuah fitur baru telah dimasukkan ke aplikasi Messages dan siap untuk diaktifkan. Fitur baru tersebut adalah Chat, fitur SMS yang di-upgrade dengan layanan RCS.

Apa itu RCS

Apa sih RCS itu? Sederhananya, RCS adalah layanan yang membuat fitur SMS biasa bisa menjadi lebih ditingkatkan sehingga terasa seperti menggunakan aplikasi chatting khusus (seperti WhatsApp, dll). Layanan RCS ini dimasukkan ke dalam fitur Chat yang merupakan bagian dari aplikasi Messages bawaan Google. Oleh karena itu, syarat untuk bisa menggunakan fitur ini adalah kita harus menggunakan aplikasi Messages dari Google.

Cara mengaktifkan fitur Chat di Messages

Selain bergantung pada aplikasi Messages, fitur Chat juga bergantung pada operator seluler yang digunakan. Untuk bisa mengaktifkan dan menggunakannya, pastikan kalau Anda menggunakan operator yang telah mendukung RCS, salah satunya adalah Telkomsel.

Kalau Anda sudah meng-install aplikasi Messages dan sudah menjadikannya sebagai aplikasi SMS utama, dan juga sudah pakai kartu SIM Telkomsel, selanjutnya pastikan kalau kartu SIM Anda bisa digunakan untuk mengakses Internet (atau gunakan Wi-Fi). Selain itu, kalau perangkat Anda dual SIM, ubah kartu SIM Telkomsel Anda ke SIM 1. Setelah itu buka aplikasi Messages dan tunggu sampai muncul pemberitahuan bahwa fitur Chat telah tersedia untuk nomor Anda.

Setelah menyetujui bahwa Anda akan mengaktifkan fitur Chat, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang sedang digunakan untuk keperluan verifikasi.

Messages - Chat activation

Setelah mengaktifkan dengan nomor Anda, tunggu sampai statusnya menjadi Connected dan berwarna hijau (bisa dilihat pada halaman Settings > General > Chat features).

Beberapa hal dari fitur Chat

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari fitur chat:

  • Hanya bisa aktif (Connected) kalau terhubung ke Internet. Anda dapat menggunakan koneksi Wi-Fi, tetapi lebih bagus lagi kalau sumber Internet-nya dari data seluler kartu SIM Anda.
  • Untuk bisa memanfaatkan fitur Chat ini, Anda harus mengirimnya ke orang yang juga sudah mengaktifkan fitur Chat. Kalau tidak, maka pesan Anda hanya akan terkirim sebagai SMS biasa, atau mungkin MMS kalau ada konten medianya seperti stiker, GIF/foto.
  • Untuk tahu kalau pesannya dikirim sebagai apa, bisa dilihat dari tulisan yang muncul pada kotak teksnya. Misalnya tulisannya “Text (Telkomsel)” artinya pesannya akan dikirim sebagai SMS biasa, dan “Chat (Telkomsel)” artinya pesannya dikirim sebagai Chat.
  • Ada juga tanda panah (tombol kirim) sebagai penandanya. Kalau pesannya sebagai SMS biasa atau MMS maka ada tulisan SMS/MMS di bawah tombol kirimnya. Sedangkan pada pesan Chat, tidak ada tulisan apa-apa.
  • Untuk pesan chat, bubble atau gelembung teksnya punya warna biru yang berbeda dengan pesan SMS biasa, setidaknya seperti itu di perangkat saya, mungkin saja warnanya berbeda di perangkat Anda.
  • Fitur-fiturnya sama seperti yang dijanjikan, misalnya ada indikator pengetikan, ada indikator pesan terkirim/terbaca, dan lain-lain.

Selamat mencoba!

Google Messages
Price: Free