Kenapa lagu Spotify menjadi abu-abu dan tidak bisa diputar?

Kalau Anda pernah menemukan lagu di Spotify yang berwarna abu-abu (tapi bukan karena sengaja disembunyikan) dan tidak bisa dimainkan, itu artinya lagu atau albumnya tidak tersedia untuk pendengar/pengguna Spotify di negara Indonesia.

Mengutip halaman support.spotify.com:

Tidak semua musik dan podcast yang ada di dunia tersedia di Spotify, dan apa yang kami lakukan berbeda dari waktu ke waktu dan di negara berbeda. Semuanya tergantung pada izin dari pemegang hak.

Kami menambahkan konten baru setiap hari, jadi kalau kamu tidak bisa menemukan sesuatu, konten itu bisa muncul (atau muncul kembali) dalam waktu dekat.

Jadi, ketersediaan lagu atau album di suatu negara ditentukan oleh lisensinya, yang dipegang oleh label rekaman atau distributor lagu/album sebagai pemegang hak cipta. Kalau ada sebuah atau beberapa lagu atau album yang tidak bisa dimainkan karena tidak tersedia, itu bisa berarti karena dua hal:

  1. Labelnya atau pemegang hak ciptanya belum memberikan lisensi untuk didistribusikan di suatu negara.
  2. Label atau distributornya telah mencabut izin distribusinya sehingga lagunya tidak tersedia untuk dimainkan di Spotify.

Lisensi juga punya masa berlaku. Kalau ada lagu yang dulunya bisa Anda putar secara bebas lalu tiba-tiba tidak tersedia lagi di Spotify maka penyebabnya adalah lisensinya sudah expired dan tidak/belum diperbarui oleh Spotify, atau labelnya sudah mencabut lisensinya.

Biasanya (secara default) lagu-lagu yang tidak tersedia di Spotify akan tersembunyi dan tidak disadari oleh pengguna. Tetapi karena Spotify menyediakan opsi di aplikasinya untuk tetap bisa menampilkan lagu-lagu yang tidak tersedia maka orang-orang jadi bisa tahu kalau ternyata ada lagu atau album tidak bisa diputar dengan cara melihat judul lagu yang berwarna abu-abu dan tidak merespon ketika di-tap. Kalau Anda mau mengubahnya untuk menyembunyikan lagu yang abu-abu tersebut, silakan buka halaman pengaturan Spotify.

Di halaman pengaturan Spotify, akan ada opsi “Show unplayable songs” yang fungsinya untuk mengatur apakah lagu-lagu yang tidak bisa diputar tetap ditampilkan kepada pengguna atau tidak

Spotify - Settings

Kalau Anda tidak mau melihat ada lagu-lagu yang berwarna abu-abu, silakan sembunyikan saja. Tapi kalau Anda tetap mau menampilkannya sambil berharap kalau suatu hari lagunya akan tersedia lagi, silakan aktifkan, tidak ada salahnya.