Menonton video 4K (2160p) di aplikasi mobile YouTube

YouTube - Android

Aplikasi YouTube di Android kini memungkinkan pengguna memutar video pada resolusi 4K (2160p), bahkan pada perangkat yang resolusinya rendah.

Selama ini video yang kita nonton di YouTube selalu disesuaikan dengan jenis perangkat (dan juga kualitas jaringan Internet yang digunakan). Kalau perangkatnya mendukung, maka YouTube akan menyediakan resolusi tertinggi yang cocok untuk perangkat tersebut. Pada perangkat destkop/laptop, resolusi tertinggi biasanya sesuai dengan resolusi original dari videonya, sedangkan pada perangkat mobile/smartphone resolusi video tertinggi dibatasi sesuai dengan resolusi layarnya.

Sekarang, perangkat yang bukan 4K pun bisa menonton video dengan resolusi sampai dengan 4K (2160p).

Saya sudah mencobanya sendiri dan hasilnya lumayan, smartphone saya yang cuma berlayar 1080p bisa menonton video 2160p60 di YouTube.

Kok bisa?

Jadi, alasan kenapa kita bisa menonton video dengan resolusi 4K di smartphone yang layarnya di bawah itu adalah karena proses yang disebut downsampling (yang juga disebut supersampling).

Secara sederhana, downsampling adalah proses menjalankan video dengan resolusi yang lebih tinggi dari resolusi asli/bawaan layar.

Jadi, video dengan resolusi 2160p dari YouTube di-render secara internal pada smartphone kemudian ditampilkan ke layar dengan resolusi aslinya, misalnya 1080p. Dan karena 2160p adalah empat kali lebih besar dari 1080p maka setiap satu pixel yang ditampilkan pada layar adalah hasil penggabungan dari empat pixel, yang disebut supersampling.

Lalu apa ada keuntungan memutar video 4K pada smartphone yang resolusinya di bawah 2160p?

Secara teori, hasil dari supersampling adalah kualitas gambar yang lebih akurat, dan karena bitrate videonya lebih meningkat secara signifikan maka hasil videonya pun lebih halus, tidak patah-patah. Jadi bagi Anda yang punya kualitas Internet yang cukup dan juga unlimited, lebih disarankan untuk menonton video YouTube dengan kualitas atau resolusi tertinggi, misalnya 4K/2160p. Karena resolusi 4K yang ditampilkan di layar 1080p akan lebih bagus kualitasnya berkat supersampling dibandingkan menonton video 1080p di layar 1080p.

Sedangkan secara performa, penambahan visual yang tidak begitu signifikan (1080p ke 4K) harus dibayar dengan meningkatnya kinerja perangkat karena harus menjalankan proses downsampling sebelum menampilkan videonya di layar. Jadi, walau koneksi Anda kencang, pastikan kalau perangkat Anda juga punya spec yang cukup untuk melakukan streaming 4K.

You may also like...