Baru di Spotify (Premium): Sembunyikan lagu di ‘playlist’

Spotify - Hide this song

Spotify telah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna Spotify Premium menyembunyikan lagu di dalam sebuah playlist.

Dengan fitur ini pelanggan Premium bisa menyembunyikan sebuah atau beberapa lagu di dalam sebuah playlist yang mungkin kurang disukai, atau sudah bosan didengar.

Cara menyembunyikan lagu di playlist Spotify:

  1. Cari dan telusuri lagu-lagu yang akan disembunyikan dari sebuah playlist.
  2. Tentukan lagu yang ingin disembunyikan, dan tap tombol pilihan (titik tiga) pada sebuah judul lagu sampai muncul menu Hide this song.
  3. Judul lagu yang disembunyikan berubah menjadi abu-abu.

Sebagai catatan, lagu yang disembunyikan tidak akan langsung dihapus atau dihilangkan dari playlist, tapi hanya di-skip saja. Lagunya tetap ada di dalam playlist, tetapi tidak akan dimainkan.

Lagu yang disembunyikan hanya akan di-skip pada playlist di mana lagu tersebut disembunyikan saja. Sebagai contoh, ada sebuah lagu yang masuk pada playlist A, B, dan C. Lalu Anda menyembunyikan lagu tersebut di playlist C saja, maka lagu tersebut masih bisa dimainkan seperti biasa di playlist A dan B.

Fitur “Hide this song” ini bisa ditemukan pada jenis-jenis playlist berikut:

  • Playlist reguler, yang dibuat sendiri atau orang lain.
  • Playlist resmi dari Spotify
  • Playlist otomatis dari Radio
  • Album
  • Daily Mix
  • Discovery Weekly
  • Release Radar

Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan lagu yang sudah disembunyikan?

Karena Spotify tidak/belum menyediakan cara mudah untuk menampilkan daftar dari keseluruhan lagu yang telah disembunyikan maka satu-satunya caranya adalah dengan melakukan langkah yang sama seperti saat menyembunyikannya, yaitu cari playlist-nya dan munculkan ulang lagunya.

You may also like...