Menggunakan fitur Lists di Twitter sebagai ‘timeline’ alternatif

Twitter Timeline

Pernah pakai fitur Lists di Twitter? Bagi yang belum tahu, Lists adalah fitur yang sangat berguna dan sangat disarankan untuk dimanfaatkan kalau Anda aktif di Twitter dan menjadikan Twitter sebagai sumber informasi.

Fitur Lists (atau Daftar) adalah fitur Twitter yang memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan akun-akun Twitter sesuai dengan kategori yang diinginkan.

Tentang fitur Lists

Normalnya orang-orang akan mem-follow atau mengikuti seseorang atau sebuah akun karena alasan kenal atau karena ingin mengikuti topik tertentu. Tetapi dengan kebanyakan mem-follow orang/akun akan membuat timeline kita menjadi terlalu penuh dengan informasi, dan arus informasi yang sangat banyak dan cepat bisa membuat banyak info jadi terlewatkan.

Lists bisa menjadi solusi untuk information overload. Dengan Lists, kita bisa memisahkan orang atau akun yang kita ikuti sesuai dengan kategorinya. Kalau kenal dan ingin selalu up to date dengan kabarnya, maka tidak ada salahnya di-follow. Tapi kalau tidak kenal atau kurang kenal, maka boleh dimasukkan ke Lists saja.

Kegunaan fitur Lists

Manfaat atau kegunaan fitur Lists di Twitter di antaranya:

  • Menjaga isi timeline utama bisa tetap personal (untuk close friends dan keluarga) dan pada batas yang nyaman untuk diikuti.
  • Bisa tetap membaca tweet dari seseorang atau sebuah akun tanpa harus mem-follow-nya.
  • Memudahkan pengelompokan topik yang sesuai dengan minat kita.
  • Menjadi tempat mencari inspirasi atau bahan bacaan kalau timeline utama lagi sepi.

Membuat Lists di Twitter

Tertarik untuk mencoba Lists dan sudah siap membuat Lists pertama Anda? Caranya gampang.

Cara membuat Lists di aplikasi Twitter Android:

  1. Tap menu (garis tiga) di kiri atas untuk memunculkan menu sidebar, kemudian pilih Lists.
  2. Tap tombol/ikon berwarna biru di kanan bawah untuk membuat sebuah Lists baru.
  3. Buat sebuah nama untuk Lists Anda, dan berikan juga deskripsi dan gambar kalau perlu.
  4. Jangan lupa untuk mengatur privasi dari Lists-nya, apakah Anda ingin Lists-nya bersifat publik atau tidak.
  5. Kemudian simpan Lists.

Saat Anda membuat sebuah Lists, maka Anda secara otomatis menjadi pengikut dari Lists tersebut.

Lists bisa bersifat public ataupun private, dan hanya bisa diatur oleh orang atau akun yang membuatnya. Kalau diatur sebagai public, orang lain bisa tahu Anda mengikuti Lists tersebut. Dan kalau diatur private maka nama Lists-nya akan tersebunyi dari daftar Lists yang Anda ikuti, dan hanya Anda yang bisa lihat. Selain menjadi pengikut dari Lists buatan sendiri, Anda juga bisa mengikuti Lists yang dibuat orang lain asalkan bersifat public.

Setelah Lists pertama Anda sudah jadi, selanjutnya adalah mengumpulkan orang atau akun yang ingin Anda masukkan ke Lists tersebut.

Cara menambahkan atau memasukkan sebuah akun ke Lists adalah dengan membuka halaman profil dari orang atau akun yang ingin Anda masukkan. Setelah itu klik menu (titik tiga) di kanan atas lalu pilih Add/remove from Lists lalu pilih Lists di mana Anda ingin memasukkan orang atau akun tersebut.

Twitter - Profile

Kalau orang atau akunnya sudah masuk berarti Lists pertama Anda sudah sukses dibuat. Anda bisa mengubah pengaturan Lists yang Anda buat dengan masuk ke menu Lists.

Mengikuti Lists publik

Anda sekarang sudah punya sebuah atau beberapa Lists pribadi yang diisi dengan orang atau akun yang Anda kumpulkan sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Tapi mungkin Anda juga mau memperluas topik atau mencari sumber inspirasi baru dengan mengikuti Lists yang dibuat orang lain yang mungkin berisi lebih banyak akun-akun yang lebih berkualitas. Bagaimana caranya? Caranya ada dua.

Cara pertama dan yang mudah adalah dengan masuk ke menu Lists (dari menu sidebar) dan menelusuri daftar Lists yang direkomendasikan oleh Twitter. Lists hasil rekomendasi Twitter biasanya adalah Lists yang berpengikut banyak dan berisi atau diikuti oleh seseorang atau beberapa orang yang Anda follow. Kalau orang atau akun yang Anda ikuti jumlahnya ada banyak maka variasi kategori Lists-nya pun akan bermacam-macam.

Cara kedua dan sedikit menantang adalah dengan mencari Lists baru dari seseorang atau sebuah akun yang Anda anggap paling populer dan relevan dengan topik yang Anda sukai. Tentukan seseorang, lalu buka profilnya dan buka menu Lists they’re on untuk menampilkan daftar Lists yang memasukkan orang tersebut sebagai anggota. Silakan pilih Lists mana yang Anda mau ikuti. Mencari Lists dengan cara yang kedua memang mengeluarkan lebih banyak usaha tetapi lebih menjamin untuk mendapatkan Lists yang lebih cocok dengan minat Anda.

Lists sebagai timeline alternatif

Kalau selama ini Anda mengikuti semua informasi di Twitter hanya melalui timeline yang biasa saja, maka Anda bisa membuat timeline tambahan dari Lists yang Anda buat/ikuti.

Kalau timeline utama berisi tweet dari orang atau akun yang Anda follow secara langsung, maka dengan Lists (yang Anda buat sendiri atau dibuat orang lain) Anda bisa membuat timeline tambahan/alternatif yang berdampingan dengan timeline utama Anda.

Cara membuat timeline tambahan dari Lists:

  1. Tap menu (garis tiga) di kiri atas untuk memunculkan menu sidebar, kemudian pilih Lists.
  2. Dari daftar Lists yang sudah Anda ikuti, tentukan satu atau beberapa Lists yang mau Anda munculkan sebagai timeline tambahan.
  3. Tap ikon pin di sebelahnya untuk mem-pin-nya.
  4. Lists yang ter-pin dan muncul pada daftar Pinned Lists adalah timeline baru Anda.
  5. Kalau Anda ingin mengubah posisi atau urutan timeline-nya, atau ingin membatalkan/menghilangkannya dari timeline Anda cukup tap tombol Edit dan geser posisinya atau hapus (ikon pin).

Setelah selesai menambahkan, silakan cek timeline baru Anda, pasti timeline tambahannya sudah muncul seperti pada gambar di atas. Anda tinggal geser ke kanan untuk melihat tweet dari setiap Lists yang Anda ikuti.

Satu hal yang perlu diketahui, fitur Lists sebagai timeline alternatif ini hanya ada pada aplikasi mobile Twitter saja. Kalau Anda ingin memanfaatkan Lists sebagai timeline pada web/desktop, silakan gunakan TweetDeck.

Nah, mungkin yang merasa bahwa Lists dan isi tweet-nya hanya baru nampak kalau dibuka langsung dari timeline, dan mungkin ada yang bertanya, apakah Lists hanya berguna kalau dijadikan timeline saja? Jawabannya, tweet dari Lists tetap muncul akan tetapi Lists jauh lebih berguna kalau dijadikan sebagai timeline. Alasannya adalah karena Twitter tetap menampilkan tweet dari sebuah Lists namun yang dimunculkan hanya “top tweet” alias tweet populer saja (tweet dari anggota Lists yang banyak Retweet dan Likes-nya) dan itupun kalau timeline (utama) kita diatur ke mode Home. Kalau timeline-nya diatur ke latest Tweets maka tweet dari Lists akan sangat jarang atau bahkan tidak muncul, walaupun cuma “top tweet” sekalipun. Oleh karena itu kalau mau memanfaatkan Lists dengan maksimal sebaiknya dijadikan timeline sekalian.

Referensi: https://help.twitter.com/id/using-twitter/twitter-lists

You may also like...