XDA Labs resmi ditutup

XDA Labs

XDA Labs adalah sebuah platform distribusi aplikasi Android yang dikembangkan oleh XDA Developer Forums, sebuah komunitas pengguna dan pengembang smartphone (khususnya Android). XDA Labs dikembangkan sebagai alternatif dari Google Play Store untuk para pembuat aplikasi yang umumnya adalah anggota forum XDA Developers itu sendiri -yang tidak ingin atau tidak dapat memasukkan aplikasi buatannya ke Google Play Store. Selain sebagai platform distribusi aplikasi, XDA Labs juga memiliki aplikasi Android yang berfungsi untuk mengakses forum XDA Developers.

Setelah lima tahun, tim XDA Developers mengumumkan bahwa XDA Labs dengan terpaksa harus ditutup 🙁

Dikutip dari blog XDA Developers:

There’s yet another big change we have to announce, and we do it with a heavy heart knowing that it will affect several developers who have come to rely on XDA Labs to distribute their app: XDA Labs has been shut off and there are no current plans for further development.

Keputusan ini didasari alasan tingginya biaya pemeliharaan dan kurangnya sumber daya manusia yang bisa difokuskan untuk memelihara pengembangan XDA Labs.

Why such a drastic move? There are multiple reasons for it, the biggest of which come down to resources: the team that runs XDA is small and we can no longer dedicate the resources needed to continue running and maintaining Labs. Labs has many inherent costs we are no longer able to support as a business. We always wanted Labs to be free, and we see no path to keep it viable at this juncture.

Nah, bagaimana dengan orang-orang yang sudah terbiasa memanfaatkan XDA Labs untuk mencari aplikasi-aplikasi yang baru dan unik?

Sebagai ganti dari halaman “app store” yang ditutup, tim XDA Developer telah meningkatkan batasan kapasitas attachment di forum menjadi sebesar 2GB. Dengan kapasitas yang besar itu para pembuat aplikasi diharapkan bisa dengan bebas meng-upload dan mendistribusikan aplikasi buatannya langsung pada halaman forum. Selain dari batasan attachment yang ditingkatkan, pengunjung forum juga bebas men-download attachment yang ada tanpa harus login atau membuat akun di forum XDA terlebih dahulu.

Sumber: https://www.xda-developers.com/update-xda-labs/

You may also like...