Apa fungsi Private Session di Spotify?

Di halaman Settings aplikasi Spotify di kategori Social, Anda akan menemukan beberapa menu yang berhubungan dengan fitur sosial Spotify, salah satunya adalah Private session atau Sesi Pribadi.

Apa itu Private session, dan apa fungsinya?

Private session atau Sesi Pribadi, sesuai dengan deskripsi yang ada di halaman Settings, adalah fitur untuk memulai sesi mendengarkan musik secara anonim.

Secara anonim berarti lagu-lagu yang Anda dengarkan tidak akan diumumkan sehingga aktivitas Anda tidak akan diketahui oleh orang-orang yang mengikuti Anda (followers) di Spotify (karena secara default semua aktivitas kita, yaitu lagu-lagu yang kita putar, akan tampak oleh pengikut kita di Spotify khususnya pengguna desktop). Pada saat Private session aktif semua aktivitas Anda akan tersembunyi dan nama Anda tidak akan muncul di Friend activity (Aktivitas Teman).

Sederhananya, Private session adalah cara kita untuk mendengarkan lagu secara diam-diam. Mengapa harus diam-diam? Biar tidak ketahuan sama orang lain kalau kita ternyata “lagi online” atau “ternyata lagi tidak sibuk”, atau karena tidak mau ketahuan sama orang lain jenis/genre lagu yang lagi diputar sehingga tidak akan ada komentar-komentar “Ciee, kamu tadi putar lagunya si xxx ya”, dan semacamnya.

Namun selain berguna ketika kita mau menghindari seseorang di Spotify dan selamat dari screenshot memalukan gara-gara memainkan lagu alay di Spotify, Private session punya manfaat lain. Yaitu mengamankan algoritma rekomendasi lagu kita dari lagu atau genre yang kurang disukai.

Menurut halaman Support Spotify, Private session tidak akan berpengaruh terhadap rekomendasi musik kita:

Catatan: Apa pun yang kamu dengarkan dalam Sesi Pribadi tidak mempengaruhi rekomendasi musik kamu, misalnya Discover Weekly.

Dengan begitu fitur Private session bisa berguna untuk orang yang suka mencoba-coba jenis/genre musik baru atau lagu-lagu di luar tipikal rekomendasi Spotify.

Private session membuat kita memainkan lagu di dalam “sandbox“, yang artinya lagu-lagu yang dimainkan pada sesi tersebut terisolasi, sehingga tidak akan mempengaruhi algoritma rekomendasi Spotify Anda. Spotify akan mengabaikan lagu-lagu yang Anda mainkan dan tidak akan menganggapnya sebagai sebuah “selera baru” yang perlu ditambahkan ke rekomendasi Anda setiap minggu. Jadi, Spotify tidak akan membanjiri playlist Daily Mix dan Discover Weekly Anda dengan jenis lagu baru tersebut (yang setahu saya cukup susah/lama dihilangkan).

Lalu bagaimana kalau tiba-tiba ada teman yang mau pinjam hp kita untuk dengar lagu favorit dia di Spotify? Gampang, tinggal aktifkan Private session atau Sesi Pribadi untuk dia saja. Dijamin rekomendasi musik Anda tidak akan tersentuh, dan Daily Mix dan Discover Weekly Anda tidak akan dirusak dengan lagu-lagu yang dimainkan teman Anda.

Private session akan berhenti secara otomatis dalam 6 jam atau ketika tidak ada aktivitas sama sekali dalam waktu yang cukup lama. Setelah Private session selesai/diakhiri, aktivitas Anda akan menjadi public kembali.