Temukan jadwal film langsung dari Google Search

Bagi yang suka nonton film bioskop kini Anda bisa memanfaatkan Google Search pada smartphone Anda untuk menemukan jadwal film bioskop yang ingin Anda tonton. Ini adalah salah satu penambahan fitur pada Google Search yang baru saja diumumkan oleh Google yang sifatnya masih terbatas dan dalam proses rolling out. Meskipun begitu saya bisa memastikan kalau fitur ini sudah bisa saya dapatkan di smartphone saya meskipun fiturnya yang memang masih terbatas.

Google Search - Showtime

Berdasarkan dari percobaan yang saya lakukan ada beberapa kata kunci yang dikenali yang bisa memunculkan jadwal film langsung dari hasil pencarian Google Search. Misalnya, “showtimes”, “film”, “jadwal film”, dan juga “jadwal [nama bioskop]”. Nah untuk hasil dari tiga kata kunci pertama, Google akan menampilkan nama bioskop tertentu yang dilengkapi dengan detail tayang filmnya. Sedangkan untuk “jadwal [nama bioskop]” ternyata tidak selalu berhasil. Setelah mencoba semua nama bioskop di kota ini (Makassar) ternyata yang cocok hanyalah bioskop dari Cinemaxx yang berada di Phinisi Point Makassar. Jadi kesimpulannya, untuk saat ini pengguna Google Search di kota ini hanya bisa menemukan jadwal film yang sedang tayang di bioskop Cinemaxx saja.

Kata kunci lain yang juga dikenali adalah judul film yang sedang tayang. Kalau Anda mengetik judul film yang sedang tayang maka akan ada tab “JAM TAYANG” yang menampilkan daftar bioskop yang sedang menayangkan film tersebut. Contohnya ada pada gambar di bawah.

Google Search - Showtime

Selain menampilkan jadwal tayang hari ini, kita bisa juga melihat jadwal tayang untuk esok hari dan beberapa hari ke depan. Cukup berguna untuk yang mau merencanakan jadwal nonton bareng dengan teman-teman.

Saat pengguna men-tap jadwal main film dari daftar yang ada maka akan muncul pop-up yang berisi detail tiket dan tempat yang menjual tiket. Kalau di luar negeri sih biasanya akan ada 3-4 penyedia tiket yang muncul di situ, namun karena di Indonesia khususnya Makassar masih sangat terbatas maka yang tersedia hanyalah situs resmi bioskopnya saja, yang dalam hal ini adalah situs Cinemaxx, yang setelah saya coba kunjungi websitenya, ugghh..

Menurut saya penambahan fitur jam tayang di Google Search ini sudah cukup membantu untuk sekedar quick look, meskipun masih sangat terbatas. Tapi kalau mau beli tiket langsung, sepertinya aplikasi mobile resmi dari tiap-tiap bioskop masih lebih bisa diandalkan. Semoga saja kedepannya nanti akan tersedia jadwal film dari bioskop lokal lain serta detail film pada Search yang lebih lengkap dan menarik seperti pada gambar di bawah ini.

Google Showtime

You may also like...