Mapapers, aplikasi pembuat wallpaper peta yang minimalis

Ada cukup banyak aplikasi penyedia dan pembuat wallpaper di Google Play Store, tetapi satu yang jadi favorit saya akhir-akhir ini adalah Mapapers. Mapapers adalah aplikasi pembuat wallpaper atau wallpaper generator yang cukup unik. Kita dapat membuat wallpaper yang bertemakan lokasi/peta dengan desain yang minimalis.

Mapapers

Fitur utama

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal memilih lokasi mana saja yang Anda inginkan dengan cara menggeser peta atau mengetikkan nama daerah atau kota pada kotak pencarian. Lalu tentukan tema warnanya sesuai dengan keinginan Anda dan Anda pun bisa menyimpannya sebagai wallpaper baru untuk Home screen Anda.

Adapun tombol “I’M FEELING LUCKY” adalah tombol yang gunanya untuk memilih satu daerah secara acak (hanya daerah yang berubah, warnanya tetap). Berguna untuk memilih satu daerah secara cepat kalau saja Anda sedang kehabisan ide, misalnya.

Selain dari skema warna bawaan yang sudah disediakan Anda juga masih bisa mengubah warna elemen petanya sesuai dengan selera Anda, baik itu warna tanah, air laut, ataupun warna jalanannya.

Hasil yang didapatkan adalah wallpaper cantik yang minimalis yang bisa Anda sesuaikan dengan theme, warna favorit atau mood smartphone Anda.

Kekurangan

Berdasarkan pemakaian selama beberapa lama pada versi 1.7, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Aplikasi ini cukup simple, ringan dan responsif, maklum karena fitur utama aplikasi ini bergantung pada Google Maps untuk menghasilkan wallpaper, dan mungkin karena alasan itu pula maka wallpaper yang dihasilkan memiliki watermark kecil bertuliskan “Google” di sudut kiri bawah. Bagi saya pribadi ini tidak mengganggu tapi mungkin bagi orang lain yang menginginkan wallpaper yang clean tanpa label, logo atau watermark hal ini akan sedikit mengganggu.

Hasil crop yang masih belum optimal. Terkadang pada hasil crop-nya terdapat area blank atau kosong pada sebagian kecil daerah atas, bawah atau kadang keduanya (contoh pada bambar di bawah). Solusi sementara untuk hal ini adalah selalu tap tombol SAVE dua kali atau lebih, jaga-jaga kalau seandainya hasil pertama rusak.

Mapapers

Untuk sebuah aplikasi pembuat wallpaper, resolusi wallpaper yang dihasilkan tergolong rendah, 1080 x 1920 alias FHD. Cukup pas dengan resolusi layar smartphone saya saat ini tetapi tergolong rendah untuk layar smartphone lain.

Tidak ada tombol “my location” yang secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna berada, yang menurut saya adalah fitur yang cukup penting. Bisa menghemat waktu dibanding harus mengetikkan nama kota kita berada saat ini.

Meskipun begitu secara keseluruhan aplikasi Mapapers ini sudah cukup baik, mampu memberikan wallpaper yang tidak terbatas.

Mapapers
Mapapers
Developer: Matteo Lobello
Price: $0.99

You may also like...