Menemukan dan menghapus rekaman suara dari Google Assistant

Google Voice & Audio Activity

Sadar atau tidak, setiap kali Anda menggunakan Google Assistant ataupun fitur suara dari mana saja (men-tap ikon mikrofon), rekaman dari perintah atau pertanyaan yang Anda buat akan disimpan oleh Google.

Layaknya riwayat pencarian atau penelusuran yang Anda lakukan melalui browser, riwayat atau aktivitas Anda dengan fitur suara dan audio Google akan tercatat secara detail. Dan kalau riwayat penelusuran Anda di browser hanya tersimpan di browser saja, maka riwayat aktivitas Anda dengan fitur-fitur Google akan tersimpan di akun Google Anda.

Untuk menemukan dan melihat semua aktivitas yang berhubungan dengan suara dan audio termasuk Assistant, Anda bisa langsung mengunjungi halaman My Activity. Dari halaman tersebut Anda bisa melihat detail semua aktivitas suara dan audio yang Anda buat, kapan dibuat, dan melalui aplikasi apa.

Anda bisa tetap menyimpan semua log suara Anda dan mempercayakannya kepada Google, tetapi Anda juga bisa menghapusnya dari akun Google Anda. Saya sendiri menghapusnya setiap sebulan sekali karena merasa aneh, aneh saat mendengarkan ulang suara saya sendiri. Super creepy.

Tapi untuk apa sih Google menyimpan rekaman suara Anda secara online? Ya karena Google memang seperti itu, semua yang dilakukan oleh pengguna pada layanan Google akan tersimpan, itu sudah umum diketahui. Selain itu, khusus untuk aktivitas suara dan audio, Google menyimpannya untuk:

  • Meningkatkan kualitas pengenalan terhadap suara Anda,
  • biar Google lebih terbiasa dengan gaya bahasa atau aksen penggunanya,
  • biar Google bisa meningkatkan tingkat respons Assistant pada saat Anda memanggil “OK Google”.

Intinya, Google menyimpan semuanya biar kualitas layanannya jadi lebih baik.

Oke, lalu bagaimana kalau mau menghapus rekaman suara yang pernah kita buat? Apakah akan berpengaruh terhadap kualitas layanan Google? Anda bisa menghapusnya, saya sering menghapusnya, dan sejauh ini saya merasa tidak ada perubahan saat menggunakan fitur Assistant bahkan setelah riwayat dan rekaman suara saya dihapus.

Menemukan dan menghapus aktivitas suara dan audio

  1. Buka halaman My Activity, bisa melalui browser di PC atau dari perangkat Android Anda. Anda bisa juga masuk melalui aplikasi Google (Google app) tapi pada akhirnya Anda akan disuruh untuk membuka browser.
  2. Setelah halaman My Activity terbuka, tap pada “+ Filter by date & product” (di bawah kotak pencarian).
  3. Setelah halaman filter terbuka Anda bisa memilih menghapus riwayat berdasarkan tanggal, bisa dalam rentang waktu tertentu saja atau bisa semuanya sekaligus. Kalau semuanya, pilih All time.
  4. Karena ingin menghapus riwayat atau aktivitas suara dan audio saja maka beri tanda centang pada pilihan Assistant dan Voice & Audio, seperti pada gambar. Kemudian tap Apply untuk menerapkan dan menampilkan hasil filter.
  5. Setelah semua hasil yang berhubungan dengan Assistant dan suara muncul, tap tombol pilihan (titik-tiga) pada kanan atas, lalu pilih Delete Results untuk menghapus semuanya.
Referensi: https://support.google.com/websearch/answer/6030020?co=GENIE.Platform%3DAndroid&hl=id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *