Betta Fish Live Wallpaper

Betta Fish Live Wallpaper

Sesuai dengan namanya, Betta Fish Live Wallpaper adalah sebuah aplikasi live wallpaper. Fungsinya untuk menampilkan wallpaper ikan Betta alias ikan cupang yang bisa bergerak bebas layaknya seekor ikan asli.

Saya sendiri sebenarnya sangat jarang pakai live wallpaper pada perangkat saya, belum ada yang benar-benar membuat saya tertarik. Saya lebih suka menggunakan wallpaper biasa. Dan jangankan dengan live wallpaper -wallpaper biasa pun saya suka pilih-pilih. Namun karena saya suka sekali dengan ikan cupang, jadinya saya akhirnya tertarik untuk mencobanya. Saya bilang “tertarik”, tapi lebih terasa seperti an offer I can’t refuse.

Hasilnya? Saya suka dan langsung melakukan unlock untuk versi penuhnya pada saat itu juga.

Aplikasi live wallpaper ini dibuat oleh Maxelus, seorang (atau tim?) developer aplikasi yang rupanya sudah banyak meluncurkan aplikasi live wallpaper di Play Store. Menurut pengamatan saya developer ini banyak menerima pujian untuk aplikasi live wallpaper buatannya, dan setelah menggunakan live wallpaper buatannya untuk pertama kalinya, saya setuju, hasilnya memang keren.

Ikan yang muncul sangat indah menurut saya, terutama di perangkat yang berlayar AMOLED seperti yang saya gunakan. Rendering-nya bagus, ikannya bergerak bebas bukan hanya sekedar mengibaskan sirip/ekor belakangnya saja (a la wallpaper iOS). Selain dari model ikannya (baca: model siripnya) yang merupakan salah satu favorit saya, tekstur kulitnya dan warnanya cukup menyerupai ikan cupang asli. Ikannya juga bisa bergerak bebas ke sana kemari secara acak layaknya ikan yang sedang berenang di dalam sebuah akuarium kecil. Gerakan tubuh dan pergerakan siripnya juga dibuat menyerupai ikan yang asli, benar-benar tampak seakan-akan ikannya sedang berada di dalam air, apalagi kalau diatur ke 60 FPS.

Anda bisa mencobanya sendiri dengan meng-install aplikasinya secara gratis dari Play Store. Secara default, aplikasinya hanya memberikan satu jenis (warna/kombinasi warna) saja, plus beberapa pengaturan standar lainnya, namun menurut saya sudah cukup untuk memberikan preview kepada pengguna mengenai tampilan ikan yang muncul sebagai live wallpaper.

Untuk jenis Betta-nya sendiri sudah fixed (mirip Delta atau Super Delta), tidak bisa diubah ke jenis yang lain. Yang bisa diubah dari ikannya adalah kombinasi warnanya saja, itupun butuh unlock. Kalau Anda ingin membuat (warna) ikan yang lain dan mendapatkan akses ke pengaturan tambahan lain, Anda perlu melakukan unlock dengan biaya yang bervariasi, tapi cukup murah kok, pilihan termurah (sekitar Rp11.000) sudah bisa untuk meng-unlock semua pengaturan tambahan.

Setelah menerapkannya sebagai wallpapar Anda juga bisa sedikit berinteraksi dengan ikannya. Ya, walaupun tidak banyak yang bisa dilakukan, ikannya akan merespon sentuhan jari ke tubuhnya. Nah, walaupun ikannya secara visual tampak seperti ikan asli tapi sifatnya tentu saja tidak akan sama dengan ikan asli, pastinya. Misalnya, ikannya tidak akan naik ke permukaan untuk mengambil oksigen, tidak akan bisa diberi makan, dan tidak akan merespon cermin, hahaha. Iya wajar sih, ini karena ikannya cuma wallpaper saja, bukan aplikasi khusus untuk memelihara ikan cupang virtual.

Bagaimana dengan pemakaian baterainya? Selama beberapa minggu pemakaian saya tidak merasakan adanya perbedaan berarti. Di perangkat yang saya pakai semua aplikasi berjalan normal tanpa ada force close tiba-tiba, siklus nge-charge pun tetap sama dari hari ke hari, dan ikannya pun tetap bisa bergerak smooth dan lincah tanpa lag dalam settingan 60 FPS. Cukup memuaskan dari segi performa dan visualnya. Pokoknya, kalau Anda suka memelihara ikan cupang, live wallpaper ini mesti Anda coba.

Referensi: http://maxelus.net/android/betta-fish-live-wallpaper-free/ https://japanesefightingfish.org/betta-fish-tail-types/

You may also like...