Google Assistant kini tersedia dalam Bahasa Indonesia

Sekitar sebulan yang lalu Google mengumumkan bahwa Google Assistant akan mendapatkan tambahan dukungan bahasa yang lebih banyak, hingga lebih dari 30 bahasa yang akan tersedia secara bergiliran hingga akhir tahun ini. Salah satu bahasa yang dijanjikan akan tersedia dalam waktu dekat adalah Bahasa Indonesia.

Kini Bahasa Indonesia resmi tersedia sebagai salah satu bahasa yang didukung Google Assistant.

Google Assistant

Perubahan atau penambahan dukungan Bahasa Indonesia ini bersifat otomatis, alias server side. Pengguna hanya perlu mengubah bahasa yang digunakan oleh Google Assistant. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengubah bahasa yang digunakan Google Assistant akan mengubah bahasa pada perangkat Anda. Anda tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk Google Assistant saja dan English untuk sistem/perangkat Anda, atau sebaliknya. Dikarenakan bahasa pada Google Assistant berhubungan dengan bahasa perangkat, maka dalam kasus ini untuk menggunakan Bahasa Indonesia pada Google Assistant diperlukan dukungan Bahasa Indonesia secara resmi pada perangkat Anda.

Pada saat menulis artikel ini saya memiliki dua buah perangkat, yaitu OnePlus X dan Xiaomi Mi A1. Tetapi karena pada OnePlus X saya tidak ada Bahasa Indonesia (masuk tidak resmi) maka Bahasa Indonesia tidak bisa diatur sebagai bahasa utama Google Assistant-nya, yang bisa hanya pada Xiaomi Mi A1 saya saja karena ada Bahasa Indonesia-nya. Jadi, pastikan kalau perangkat Anda bisa diatur ke Bahasa Indonesia sebelum mengubah setelah bahasa pada Google Assistant ini.

Untuk mengubah bahasanya, caranya adalah:

  1. Panggil Google Assistant dengan men-tap dan tahan tombol Home atau dengan “OK Google”,
  2. lalu tap ikon/tombol berwarna biru di kanan atas, tap tombol more (titik tiga), lalu pilih Settings,
  3. Di bagian Devices, pilih Phone atau Tablet, sesuai jenis perangkat Anda,
  4. Tap Assistant language dan buka language preferences.
  5. Tap Add a language dan tambahkan Bahasa Indonesia dan geser ke atas/urutan pertama karena hanya bahasa yang ada pada urutan atas saja yang dijadikan bahasa Google Assistant (dan sistem).

Setelah menambahkan Bahasa Indonesia, reboot perangkat Anda dan panggil Google Assistant, maka Anda akan disambut dengan Bahasa Indonesia.

You may also like...