Power Shade, memberikan tampilan panel notifikasi ala Android 9 Pie

Power Shade

Salah satu perubahan yang cukup terasa dari sisi tampilan yang dibawa oleh Android 9 Pie adalah desain atau layout dari panel notifikasinya. Desain, atau redesign dari panel notifikasi Android 9 memberikan ciri khas dari “Material Design 2” yang serba putih dan dengan sudut-sudut yang lebih membulat yang sudah bisa kita lihat pada aplikasi-aplikasi buatan Google seperti Google News atau Google Tasks.

Lalu bagaimana dengan perangkat-perangkat yang belum atau tidak bisa menjalankan Android 9 Pie dan stuck di OS versi lama seperti Android Nougat dan Oreo? Tenang, perangkat yang masih di Oreo pun juga bisa mendapatkan tampilan panel notifikasi yang mirip dengan yang ada pada Android 9 Pie dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Power Shade.

Power Shade memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan panel notifikasi bawaannya menjadi mirip dengan panel notifikasi pada Android 9 Pie. Mulai dari layout, warna/tema, transparansi, baris dan kolom ikon, desain sudut yang membulat, ikon-ikon toggle/switch bulat, hingga font Google Sans, font standar Google yang baru.

Setelah meng-install Power Shade dari Google Play Store Anda perlu memberikan Power Shade beberapa ijin akses terlebih dahulu, seperti Write, Draw, Accessibility dan Notification access sebelum bisa berjalan dengan sempurna.

Ada empat menu utama pada halaman depan Power Shade, yaitu:

Trigger: Berisi pengaturan apakah panel notifikasi bisa dipanggil/dimunculkan dengan sebuah shortcut. Shortcut berupa bar/batang vertikal ini posisinya bisa di kiri atau di kanan, ukuran panjangnya dan warnanya bisa disesuaikan. Kalau trigger-nya dinonaktifkan maka satu-satunya cara untuk memunculkan panel notifikasinya adalah dengan swipe down atau geser ke bawah dari status bar. Trigger ini cukup berguna kalau kita ingin memunculkan panel notifikasi tanpa harus menjangkau status bar dengan jempol yang jauh di atas. Cukup dengan swipe dari sisi kanan layar, misalnya, panel notifikasinya bisa muncul dari atas/status bar.

Colors: Berisi pengaturan untuk mengubah warna dan transparansi panel notifikasi.

Layout: Berisi pengaturan untuk mengubah sudut panel, jumlah baris/kolom (fitur Pro), posisi brightness slider, dan lainnya.

Extras: Fitur-fitur tambahan ada di sini, seperti pengaturan latar belakang, gambar profil, nama operator dan fitur ubah font.

Setelah menggunakan Power Shade selama beberapa minggu dan telah menerima beberapa pembaruan, saya cukup puas, apalagi smartphone yang saya gunakan bertampilan standar alias stock (Android One), terasa seperti sedang menggunakan fitur native dari Android 9 Pie 😀

Namun sayangnya masih ada batasan untuk Power Shade ini, terutama pada perangkat non-root. Pada perangkat non-root beberapa tombol/switch seperti Mobile data dan Airplane mode tidak bisa langsung diubah dari panel Power Shade, tetapi harus secara manual, sehigga tombol Mobile data dan Airplane mode hanya bersifat sebagai shortcut ke Settings saja. Ini bisa dimaklumi karena untuk bisa mengubah status mobile data dan airplane mode dibutuhkan hak akses yang tinggi, dengan kata lain butuh root. Jadi pada perangkat non-root satu-satunya cara untuk mengubah pengaturan mobile data dan airplane mode adalah dengan mengubahnya langsung dari Settings.

Kalau seandainya setelah menggunakan Power Shade Anda ingin mengembalikan tampilan panel notifikasi menjadi normal lagi Anda cukup masuk ke menu Power Shade dan geser tombol untuk menonaktifkannya. Selanjutnya Anda akan dituntun untuk menonaktifkan fitur Accessibility dan Notification access untuk Power Shade (yang diaktifkan di awal instalasi) agar Power Shade benar-benar tidak berjalan.

Secara keseluruhan tanpa fitur Pro pun Power Shade ini sudah bagus, tapi kalau mau di-upgrade ke versi Pro jadi lebih bagus lagi. Semua fitur utamanya pada versi free berjalan dengan baik (kecuali untuk tombol tertentu yang sudah saya jelaskan di atas), swipe kiri atau kanannya halus, fitur edit tiles juga halus pada saat drag tiles, tombol shortcut di notifikasi juga bekerja dengan baik. Lumayanlah untuk mendapatkan sebagian feel-nya Android 9 Pie.

You may also like...