Berlangganan Netflix dengan pulsa Telkomsel

Berlangganan Netflix dengan membayar pakai pulsa kini sudah bisa dilakukan oleh pengguna Telkomsel. Hal ini memungkinkan karena grup Telkom telah bekerja sama dengan Netflix. Finally!

Dengan adanya kerja sama ini orang-orang yang ingin berlangganan Netflix makin dimudahkan dalam melakukan pembayaran. Sebelumnya sudah ada dompet digital seperti Gopay dan DANA yang dapat dijadikan sebagai alternatif dari kartu kredit. Sekarang, orang-orang sudah bisa melakukan pembelian paket Netflix hanya dengan pulsa.

Pembayaran dengan pulsa adalah sebuah metode pembayaran yang mungkin sudah mulai kurang populer digunakan masyarakat mengingat banyaknya aplikasi dan layanan dompet digital yang sudah terintegrasi dengan berbagai layanan streaming. Tetapi keunggulan dari pembayaran lewat pulsa adalah pulsa lebih mudah didapatkan banyak kalangan/orang. Pulsa bisa diisi dari aplikasi mana saja, bisa dari minimarket, ditransfer dari orang lain, dari Gopay, dari DANA, dan juga dari aplikasi mobile banking yang tentu saja lebih umum dan banyak digunakan dibanding Gopay dan DANA itu sendiri.

Harga paket Netflix Telkomsel

Telkomsel menyediakan Paket Netflix sesuai dengan paket yang ada pada Netflix. Maksudnya, di MyTelkomsel itu ada paket Mobile, Basic, Standard, dan juga paket Premium.

Untuk harga yang diberikan tentunya berbeda antara Telkomsel dan Netflix, karena paket yang ditawarkan Telkomsel adalah bundling, sudah termasuk kuota Internet untuk menonton Netflix-nya.

Berikut adalah harga paket Netflix yang ditawarkan Telkomsel:

  • Netflix Mobile
    Harga Telkomsel: Rp62.000
    Harga Netflix: Rp54.000
  • Netflix Basic
    Harga Telkomsel: Rp137.500
    Harga Netflix: Rp120.000
  • Netflix Standard
    Harga Telkomsel: Rp175.000
    Harga Netflix: Rp153.000
  • Netflix Premium
    Harga Telkomsel: Rp213.000
    Harga Netflix: Rp186.000

Semua harga paketnya sudah termasuk kuota MAXstream sebesar 6 GB dengan masa aktif selama 31 hari.

Cara membeli paket Netflix dengan pulsa Telkomsel

Selain pulsa sebagai metode pembayaran utama, syarat berikutnya adalah pengguna juga harus memiliki akun dan aplikasi MyTelkomsel untuk pembelian paket Netflix. Untuk itu pastikan Anda sudah meng-install aplikasi MyTelkomsel di perangkat Anda sebelum membeli dan mengaktifkan paket Netflix.

Cara membeli paket Netflix di MyTelkomsel:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Buka menu/tab Belanja.
  3. Cari dan pilih menu Hiburan.
  4. Pilih Netflix pada menu Filter yang ada, lalu scroll ke bawah untuk menemukan paket yang sesuai.
  5. Pilih salah satu paket yang Anda rasa cocok.
  6. Setelah membaca deskripsi paket dan sudah yakin dengan paket yang dipilih, tap tombol Berlangganan untuk lanjut ke tahap berikutnya.
  7. Di tahap pembayaran, akan muncul jumlah yang harus Anda bayar dan metode pembayaran yang tersedia, yaitu pulsa Telkomsel Anda (tidak ada metode pembayaran lain).
  8. Setelah itu Anda perlu men-tap tombol langganan berwarna merah sekali lagi untuk melakukan konfirmasi pembelian paket. Ini adalah langkah terakhir, dan pulsa Anda akan langsung terpotong setelah melakukan konfirmasi di tahap ini.
  9. Setelah pembayarannya sukses, akan masuk SMS dari 3636 dan TLNET yang memberitahukan bahwa paket berlangganan Anda telah aktif. Namun Anda masih perlu melakukan aktivasi (menghubungkan akun Netflix dan nomor Telkomsel Anda) telebih dulu sebelum bisa mengakses Netflix.
  10. Klik link yang disertakan di SMS yang masuk dari TLNET.
  11. Kemudian pilih paket Netflix yang sesuai dengan yang Anda bayar.
  12. Selesai. Akun Netflix dan nomor Telkomsel Anda telah dihubungkan dan paket Anda sudah aktif. Selamat menonton.

Cara upgrade, downgrade, atau berhenti paket Netflix di MyTelkomsel

Kalau Anda perlu melakukan upgrade paket ataupun downgrade, atau mungkin ingin berhenti berlangganan paket Netflix, Anda bisa saja melakukannya langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pengaturan paket Netflix
Halaman Pengaturan paket Netflix

Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Buka Menu (ada di tab paling kanan).
  3. Kemudian pilih menu Pengaturan langganan Netflix.
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar dan sudah diaktivasi.
  5. Tunggu sampai kode OTP masuk.
  6. Setelah itu akan muncul informasi paket yang aktif. Anda dapat melakukan upgrade paket, downgrade (kalau memungkinkan) dan juga berhenti berlangganan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli paket Netflix dari Telkomsel

Kuota MAXstream sebesar 6 GB

Kuota MAXstream yang diberikan Telkomsel hanya sebesar 6 GB. Itu berlaku untuk semua paket Netflix yang ada mulai dari paket Mobile sampai Premium. Untuk paket Mobile saya rasa tidak ada masalah, masih cukup karena aksesnya hanya bisa dari smartphone. Tapi untuk pengguna paket Premium? Sepertinya tidak cukup kalau betul-betul digunakan dengan kualitas video tertinggi.

Untuk paket Mobile yang punya selisih harga Rp8.000 dari harga normal Netflix, kuota 6 GB itu termasuk murah. Apalagi dengan masa aktifnya yang 31 hari. Sebagai perbandingan, harga kuota MAXstream 6 GB di MyTelkomsel harganya Rp15.000 dengan masa aktif hanya 7 hari. Kalau mau dapat yang masa aktifnya 30 hari harus beli paket minimal 12 GB yang harganya Rp26.000.

Jadi menurut saya, yang paling menguntungkan kalau dibeli dengan pulsa adalah yang paket Mobile. Anda dapat menonton Netflix dengan kuota yang cukup untuk perangkat smartphone, dan dengan kecepatan Internet dari Telkomsel yang stabil dan kencang (pengalaman pribadi).

Kuota MAXstream dengan pengguna Netflix yang lebih dari satu

Telkomsel tidak memberikan keterangan jelas soal ini, tapi seharusnya, kuota MAXstream hanya terpakai kalau Netflix-nya diakses dari perangkat yang memiliki kartu SIM yang terdaftar. Orang lain yang menggunakan akun Netflix tetapi tidak dari perangkat utama (pemilik nomor Telkomsel) tidak akan mengurangi kuota MAXstream.

Biaya untuk melakukan upgrade paket

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan Netflix sebelumnya, Anda bisa melakukan upgrade paket kapan saja tanpa harus menunggu masa aktif paket Anda hampir habis. Saat Anda memilih paket yang baru, tagihan akan diberikan ke metode pembayaran yang Anda miliki.

Bagaimana dengan yang dibayar dengan pulsa? Netflix akan membebankan biaya tambahan ke nomor Telkomsel Anda sesuai dengan selisih paketnya. Kalau Anda melakukan upgrade paket 10 hari setelah mendaftar, maka Netflix akan memotong pulsa Anda sesuai dengan selisih harga paket dan dikurangi lagi dengan sisa hari aktifnya.

Kalau pulsa Anda mencukupi pada saat Anda mencoba melakukan upgrade paket, maka pulsa akan terpotong dan paket Anda akan berubah. Sebaliknya, kalau pulsa Anda tidak cukup maka paket Anda akan dikembalikan ke paket awal.

Status paket yang awalnya didaftarkan dengan kartu kredit (selain dari pulsa)

Saya sendiri sudah memiliki paket Netflix yang masih aktif dengan metode pembayaran kartu kredit (Jenius). Lalu saya coba daftarkan lagi dengan paket Netflix dari Telkomsel. Apa yang terjadi pada paket saya sebelumnya? Setelah saya daftar lagi dari Telkomsel, halaman akun Netflix saya tidak lagi menunjukkan kapan tanggal penagihan berikutnya. Yang muncul hanya tulisan “Hubungi Telkomsel untuk memperbarui detail pembayaran atau mengakhiri penagihan melalui Telkomsel.” Ini menandakan kalau Netflix mengikut masa aktif paket Netflix dari Telkomsel, yang berarti masa aktif paket saya yang lama sudah hangus ditimpa paket yang baru. Hiks :(.

Jadi, kalau Anda mau mengubah metode pembayaran Anda ke pulsa Telkomsel, pastikan kalau Anda melakukan aktivasi pada akun yang sudah tidak aktif atau sedang ditangguhkan. Atau paling tidak masa aktifnya sudah mau habis biar tidak rugi-rugi amat.