Google Tasks kini dengan fitur pengatur waktu, tugas berulang dan salin tugas

Google Tasks, aplikasi to-do list/pembuat tugas buatan Google akhirnya mendapat pembaruan dengan beberapa fitur yang ditunggu-tunggu.

Google Tasks

Dikutip dari gsuiteupdates.googleblog.com:

Every task now has two time-based properties, date and start time, that are available in the edit screen of each task.

These tasks will then show up in Google Calendar on the web at their specific time, as long as you have the “Tasks” calendar enabled on the left-hand side.

Ada tiga buah fitur baru yang kini tersedia di Tasks, yaitu:

  1. Mengatur waktu spesifik untuk sebuah tugas
  2. Membuat tugas berulang
  3. Meng-import atau menyalin reminder/pengingat ke Tasks

Ketiga fitur baru tersebut bisa didapatkan pada versi terbaru Tasks di Google Play Store dan juga Tasks versi web.

Start time‘ dan ‘repeating tasks‘ pada Tasks adalah fitur yang sangat-sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, fitur “baru” tersebut adalah fitur yang sebenarnya sangat standar untuk sebuah aplikasi to-do list, tapi entah kenapa Google baru memasukkannya.

Google juga memasukkan fitur import atau salin untuk pengingat. Fitur ini cukup membantu untuk membuat Tasks sebagai aplikasi yang dapat menyatukan informasi tugas dan pengingat dari berbagai layanan Google.

Importing reminders into Tasks
This import tool will pull your reminders (from Inbox/Gmail, Calendar, or the Assistant) into Tasks.

When importing reminders into Tasks, we’ll copy over the title, date, time and recurrence of the reminder. Please note, reminders with locations associated will not be imported. Additionally, this is a one-time import and not a constant sync.

Google Tasks

Nah, setelah mencoba fitur salin pengingat ini, saya merasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Fitur Copy reminders to Tasks bisa diakses dari aplikasi Tasks, tapi Tasks hanya bisa melakukan penyalinan dari Gmail, Calendar dan Google Assistant.
  • Tasks tidak bisa menyalin pengingat yang dibuat di Keep.
  • Pengingat yang memiliki tempat atau lokasi tidak dapat disalin ke Tasks.
  • Pengingat yang telah disalin bersifat satu arah saja, tidak akan ada proses sinkronisasi untuk pengingat yang telah disalin ke Tasks. Artinya, pengingat yang berhasil disalin ke Tasks bisa dihapus tanpa mempengaruhi pengingat yang ada di layanan lain.
  • Tasks memberikan pilihan untuk menghapus pengingat dari sumbernya (Calendar, Assistant) setelah disalin ke Tasks.
  • Pengingat yang dibuat dari Google Assistant dan Keep akan muncul di Calendar.
  • Pengingat yang dibuat dari Calendar dan Keep akan muncul di Google Assistant melalui perintah “show all my reminders“.
  • Aplikasi Google (Google app) juga bisa menampilkan semua daftar pengingat.

Jadi, Calendar adalah aplikasi atau layanan yang menjadi pusatnya tugas dan pengingat. Calendar bisa menampilkan pengingat yang dibuat dari aplikasi atau layanan manapun.

Sayangnya, pengingat yang dibuat dari Keep tidak bisa disalin ke Tasks! Padahal Keep dulunya saya jadikan alternatif untuk Tasks karena Tasks tidak punya fitur pengaturan waktu spesifik dan tidak punya fitur pengingat. Dan setelah Tasks akhirnya fitur pengingat, ternyata pengingat yang dibuat Keep tidak bisa disalin ke Tasks. Well that sucks.

Bahkan dengan pembaruan yang ada di atas, Tasks tetap belum bisa menggantikan Keep. Keep lebih bisa diandalkan untuk mengerjakan tugas to-do list dibanding Tasks.

Referensi: https://gsuiteupdates.googleblog.com/2019/03/set-start-times-and-import-reminders-in.html https://support.google.com/tasks/answer/7675838?co=GENIE.Platform%3DAndroid&oco=1&hl=id

You may also like...