Baru di Gboard: panel emoji vertikal dan menu hapus riwayat pencarian

Gboard Keyboard

Salah satu hal yang membuat Gboard belum bisa menjadi keyboard utama saya adalah karena panel emoji-nya yang harus di-scroll secara horizontal. Mungkin sepele bagi orang lain, tapi bagi saya emoji adalah bagian dari bentuk ekspresi, dan karena sangat sering dipakai maka sudah seharusnya aksesnya gampang. Tapi, setiap kali saya menggunakan Gboard pasti penggunaan emoji saya juga berkurang, penyebabnya adalah akses emoji yang menjengkelkan.

Tapi sekarang Google sudah bergabung ke klub emoji vertikal. Google sepertinya sudah sadar dan mengakui kalau scrolling secara horizontal itu butuh lebih banyak tap. Layout panel emoji di Gboard akhirnya berubah dari horizontal menjadi vertikal, sebagaimana mestinya. Ukuran emoji-nya juga berubah jadi sedikit lebih besar. Dan kalau sebelumnya panel emoji-nya dipisah per halaman, setelah berubah emoji-nya menjadi satu halaman tunggal ke bawah dan dipisahkan dengan judul kategori emoji-nya.

Perubahan lainnya ada pada tombol ‘G’. Tombol bulat putih berlogo Google itu adalah tombol untuk mengakses toolbar pada Gboard dan sekaligus akses ke pencarian Google. Sangat membantu sebenarnya, tapi ada satu hal yang cukup mengganggu, yaitu tidak adanya cara mudah untuk menghapus riwayat pencariannya. Artinya setiap kali pengguna men-tap tombol tersebut walaupun hanya untuk mengakses toolbar, maka kata-kata pencarian sebelumnya akan muncul. Ada sih caranya, yaitu dengan menghapus data (Clear Data) dari aplikasi Gboard yang tentu saja sangat tidak praktis.

Di perubahan ini riwayat pencarian yang biasanya muncul sebanyak tiga buah sudah bisa dihapus langsung, caranya dengan men-tap dan tahan pada riwayat pencariannya hingga muncul pilihan untuk menghapusnya.

Gboard Keyboard

Bagaimana cara mendapatkan perubahan di atas? Tidak perlu melakukan apa-apa, perubahan ini terjadi server-side artinya perubahannya terjadi secara otomatis langsung dari server Google, tanpa perlu meng-install atau meng-update apa-apa dari Google Play Store.

Gboard - the Google Keyboard
Gboard - the Google Keyboard

You may also like...