Baru di Gojek: Pesan makanan dan cek status dari Google Assistant

GoFood x Assistant

Sekarang pesan makanan di Gojek/Gofood sudah bisa pake suara, bukan dari aplikasi Gojek-nya langsung tapi dari Google Assistant.

Google Assistant sudah terintegrasi langsung dengan aplikasi Gojek sehingga command atau perintah-perintah yang mengandung kata kunci “gojek” atau “gofood” yang diberikan oleh pengguna kepada Google Assistant bisa dikenali dan langsung dijalankan oleh aplikasi Gojek.

Untuk layanan Gofood sendiri, fitur yang sudah dijangkau atau terhubung langsung dengan Google Assistant adalah menu pencarian makanan dan restoran serta pengecekan status pesanan.

Cara aksesnya sangat mudah, untuk memesan makanan cukup dengan memanggil Google Assistant seperti biasanya, bisa dari tombol Home ataupun dari “OK Google”, kemudian sebut nama makanan beserta nama restoran atau nama makanan beserta kata “gojek” atau “gofood”. Kalau perintah Anda dikenali oleh Google Assistant sebagai perintah yang valid maka aplikasi Gojek akan terbuka secara otomatis berikut dengan query-nya di halaman pencarian makanan/restoran Gojek. Kalau perintahnya tidak mengikutkan nama makanan atau nama restoran maka yang muncul hanya halaman pencarian Gofood saja, sisanya ketik sendiri. Sedangkan kalau perintahnya tidak terdeteksi sebagai perintah untuk Gojek maka yang terbuka adalah halaman Google Search biasa, bonus peta untuk lokasi toko/restoran terdekat.

Untuk mengecek pesanan juga gampang, tinggal tanyakan langsung ke Google Assistant. Kalau permintaan Anda dikenali, Google Assistant akan menampilkan status pesanan dalam bentuk teks dan opsi untuk membuka aplikasi Gojek untuk melihat status pesanan secara real-time.

Kesan-kesan

Dari beberapa kali coba-coba hingga akhirnya memesan makanan langsung, saya merasa fungsi Google Assistant di sini cukup basic. Cuma sebagai voice search eksternal untuk aplikasi Gojek saja karena input ke Google Assistant cuma diteruskan sampai ke kotak pencarian di Gofood saja. Selebihnya, dilakukan sendiri oleh pengguna secara manual, padahal masih ada beberapa proses lain yang perlu dilakukan setelah dari mengetik nama makanan di kotak pencarian hingga ke pemesanan makanan. Jadi, fungsi “pesan”-nya sebenarnya cuma “mencarikan makanan” walaupun Google Assistant mengenali query “pesan” sebagai perintah untuk Gojek.

Untuk fitur cek status pesanannya sudah lumayan lah, sudah agak membantu, tapi sayang sekali feedback suara dari Google Assistant cuma “Ini dari Gojek” saja. Mungkin Assistant-nya capek kalau harus membacakan statusnya langsung kepada saya, yang artinya, setelah menanyakan status pesanan saya ke Google Assistant saya masih harus mengambil hape saya kemudian membaca sendiri apa tulisan yang muncul di layar. I mean, kalau masih butuh pegang hape lagi kenapa tidak sekalian saja buka aplikasi Gojek-nya untuk lihat posisi driver-nya langsung, ya kan?

Tapi yaa… setidaknya integrasinya sudah ada, mungkin akan ada peningkatan yang lebih di pembaruan berikutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *