Android Messages menambahkan fitur salin kode 2FA langsung dari notifikasi

Android Messages

Two-factor authentication (2FA/TFA) atau verifikasi dua langkah adalah sebuah metode pengamanan yang memastikan kalau seseorang dapat membuktikan keaslian identitasnya melalui dua faktor/langkah keamanan, yaitu password, sebagai sesuatu yang hanya diketahui oleh pengguna, dan kode verifikasi tambahan yang dikirim melalui SMS, sebagai bukti sesuatu yang dimiliki pengguna secara fisik.

Kode 2FA biasanya berupa kode 4-8 digit angka atau kombinasi angka dan huruf yang dikirim melalui SMS di nomor yang dimiliki oleh pengguna. Setelah menrima kodenya, pengguna harus memasukkan kode verifikasi tersebut ke halaman website/aplikasi yang membutuhkan kode 2FA tersebut.

Nah di di versi terbaru Android Messages (v3.2) ada sebuah fitur sederhana yang cukup membantu terutama kalau kita sering menerima kode 2FA. Fitur terbaru yang dimaksud adalah fitur yang memungkinkan kita menyalin secara spesifik kode 2FA langsung dari notifikasi dan di dalam aplikasi Android Messages.

Kalau sebelumnya kita harus menyalin seluruh teks SMS yang masuk lalu hapus teks lain hanya untuk mendapatkan kode 2FA-nya saja, atau bahkan mengetiknya secara manual, sekarang kita diberikan tombol khusus di notifikasi dan di dalam aplikasi Messenger yang akan menyalin secara spesifik kode 2FA yang berada di tengah-tengah teks lainnya. Kalau Anda Menggunakan Android Messages sebagai aplikasi SMS bawaan, silakan update di Play Store untuk mendapatkan fitur ini.

Update:

Setelah beberapa kali menerima kode 2FA dari berbagai situs/layanan, tampaknya aplikasi Android Messages di smartphone saya hanya bisa mengenali kode 2FA dari SMS yang berbahasa Inggris saja. Semua SMS yang mengandung kode 2FA yang berbahasa Indonesia tidak dikenali.

Messages
Messages
Developer: Google LLC
Price: Free

You may also like...