Ubah teks biasa menjadi stiker dengan Gboard

Di samping fitur stiker standar yang sudah ada di Gboard, Google melengkapi Gboard dengan fitur yang mampu mengkonversi teks biasa menjadi stiker emoji.

Jika stiker standar bisa didapatkan dengan meng-install sticker pack dari Gboard, maka dengan fitur baru ini Anda tidak perlu meng-install apa-apa. Gboard secara otomatis akan memunculkan berbagai variasi stiker yang dinamis yang asalnya dari kata-kata yang diketik pengguna.

Cara mengubah teks menjadi stiker dengan Gboard:
  1. Anda harus menggunakan Gboard versi terbaru untuk mendapatkan fitur ini.
  2. Pastikan kalau semua fitur yang berhubungan dengan emoji sudah diaktifkan di halaman Emojis, Stickers & GIFs di pengaturan Gboard.
  3. Di kolom teks, ketikkan kata-kata apa saja yang Anda inginkan lalu ikuti dengan sebuah emoji (wajib ada emoji). Misalnya “Apa kabar 😊”
  4. Akan muncul sebuah atau beberapa stiker baru di ujung kiri di kotak/baris saran.
  5. Pilih stiker teks yang Anda ingin kirim/sisipkan.
  6. Stiker teks akan dikirimkan seperti stiker standar, yaitu sebagai sebuah media tunggal, bukan inline atau sebaris seperti halnya emoji.

Berdasarkan penggunaan selama ini, tidak semua susunan kata yang diketik akan mendapat saran stiker. Optimalnya hanya dua atau tiga kata terakhir (setelah disisipkan emoji) saja yang akan dikonversi menjadi teks. Dan dari segi bahasanya, bahasa Indonesia biasanya hanya diberikan satu buah variasi stiker saja, berbeda dengan kata-kata dalam bahasa Inggris yang bisa mendapatkan banyak variasi stiker yang lucu-lucu.

Selamat mencoba.