Menambahkan shortcut laporan cuaca langsung ke Home screen Android

Google Weather

“Cuaca” atau “weather” adalah salah satu kata kunci yang cukup umum dicari. Dan seperti yang (mungkin) telah kita ketahui bersama kalau laporan cuaca yang diakses melalui browser seperti Google Chrome hanyalah memunculkan tampilan standar saja. Namun ketika dicari melalui Google app atau quick search-box (kotak pencarian) bawaan Android, maka yang muncul adalah sebuah iilustrasi yang cantik dengan karakter lucu, warna yang sesuai dengan kondisi saat itu, serta informasi pendukung lainnya layaknya seperti menjalankan sebuah aplikasi standar dari Play Store.

Pembaruan Google app ternyata membawa sebuah fitur baru, yakni shortcut dari hasil pencarian Google yang bisa ditambahkan langsung ke Home screen.

Sekarang pengguna yang biasa melakukan pencariannya langsung dari Google app atau quick search-box bisa dengan mudah mengakses informasi cuaca dari sebuah shortcut, tanpa perlu lagi mengetik “cuaca” atau “weather” secara manual di kotak pencarian. Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama, seperti biasa tap quick search-box pada Home screen Anda atau bisa juga melalui aplikasi Google, kemudian ketik “cuaca”, “laporan cuaca” atau “weather” untuk memunculkan hasil prakiraan cuaca di lokasi Anda berada.

Setelah Google app berhasil melacak lokasi Anda secara akurat, maka akan muncul pesan Access weather instantly from your Home screen beserta tombol ADD yang menandakan kalau fitur tersebut telah tersedia untuk Anda dan bisa diakses langsung dari Home screen Anda. Kemudian Tap tombol ADD untuk menambahkan.

Kalau Anda menundanya atau tidak sengaja men-tap NO THANKS, Anda masih bisa menambahkan shortcut-nya dengan men-tap menu opsi (ikon tiga-titik) lalu pilih “Add a Home screen shortcut”.

Setelah berhasil ditambahkan, sebuah ikon shortcut akan otomatis muncul di halaman paling depan di Home screen Anda dengan nama Weather (seperti pada gambar paling atas). Jadi, pastikan kalau masih ada ruang cukup (1×1) untuk sebuah ikon sebelum menambahkan shortcut di atas.

Shortcut tersebut akan memunculkan laporan cuaca yang lebih atraktif dibanding tampilan biasa dengan layar penuh tanpa kotak pencarian lagi, layaknya sebuah aplikasi pihak ketiga.

Google Weather

Catatan:

Ikon yang muncul hanyalah ikon biasa, statis, dan tidak menunjukkan status cuaca secara real time. Oleh karena itu ikonnya (matahari, bulan, awan, dsb) tidak akan berubah, karena ikon tersebut hanyalah ikon biasa, bukan widget yang dinamis.

Dengan trik sederhana yang hanya memanfaatkan fitur/aplikasi bawaan seperti ini, pengguna mungkin tidak butuh lagi meng-install aplikasi pihak ketiga dari Play Store hanya untuk mengetahui laporan cuaca, karena informasi yang ditampilkan tidak kalah menarik dan informatif dibanding yang lain dan juga tidak memakan ruang tambahan.

Google
Google
Developer: Google LLC
Price: Free

You may also like...