Baru di WhatsApp: Pengaturan privasi untuk undangan masuk grup

WhatsApp Groups Privacy

WhatsApp memperkenalkan pengaturan privasi baru untuk grup. Pengaturan baru ini memungkinkan pengguna WhatsApp bisa menghindari undangan masuk ke grup yang tidak diinginkan.

Pengguna WhatsApp biasanya hanya bisa pasrah kalau dimasukkan ke sebuah grup oleh orang lain, terlebih lagi kalau itu dilakukan tanpa persetujuan. Sebenarnya semua orang bisa saja keluar dari sebuah grup, cukup dengan Exit Group. Tapi, kalau yang memasukkan kita ke dalam grup itu adalah orang yang penting, maka cara keluar dari grup tersebut tidak semudah men-tap sebuah tombol/menu lagi. Pada akhirnya kebanyakan orang hanya bisa membiarkannya saja demi mempertahankan hubungan baik dengan si admin grup atau dengan para penghuni grup tersebut.

Setelah sekian lama, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur privasi baru untuk menghindari undangan grup. Fitur ini membuat pengguna WhatsApp memiliki kontrol untuk mengatur siapa saja yang boleh mengundang atau memasukkannya ke sebuah grup.

Langkah mengubah pengaturan privasi untuk grup WhatsApp:

WhatsApp Privacy Settings

  1. Buka WhatsApp dan tap menu (titik-tiga di sebelah kanan atas), lalu buka Settings > Account > Privacy.
  2. Cari pengaturan Groups, lalu tentukan pilihan yang cocok bagi Anda.
    • Everyone
    • My contacts
    • My contacts except… (Hanya orang yang ada di dalam kontak, kecuali…).

Fungsi ketiga pilihan tersebut adalah:

  • Everyone, artinya semua orang bisa memasukkan Anda masuk ke dalam sebuah grup secara langsung. Baik yang sudah Anda simpan nomor kontaknya atapun yang belum.
  • My contacts, artinya hanya orang yang sudah ditambahkan ke kontak Anda yang boleh memasukkan Anda.
  • My contacts except…, pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuat pengecualian terhadap nomor kontak yang boleh memasukkan Anda masuk ke sebuah grup. Pilihan “My contactc except…” akan membuat daftar hitam atau exclusion list yang berisi kontak-kontak yang diblok untuk memasukkan Anda.

Singkatnya, kalau Anda tidak ingin dimasukkan ke sebuah grup dengan bebas, maka Anda pilih opsi “My contacts except…” dan pilih semua nomor kontak yang ada (tap ikon “pilih semua” pada kanan atas).

WhatsApp Groups Privacy

Orang atau nomor kontak yang tidak termasuk pada kategori yang diijinkan akan mendapatkan pesan gagal saat menambahkan kontak Anda melalui menu ‘Add participants’. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa menerima undangan yang bersifat pribadi melalui link khusus (Invite via link) yang dikirim oleh si admin grup. Ya, undangannya memang masih bisa datang, tapi setidaknya Anda punya kesempatan untuk memutuskan apakah mau masuk ke grup itu atau tidak. Dan itu jauh lebih baik dibanding dimasukkan secara tiba-tiba tanpa persetujuan, bukan?

Referensi: https://blog.whatsapp.com/10000661/Pengaturan-Privasi-Baru-untuk-Grup

You may also like...