Checketry, aplikasi ‘tracking’ dan pengelola file yang di-download pada PC

Checketry

Tidak jarang kita punya keperluan penting dan mendadak yang membuat kita harus meninggalkan komputer yang sedang menjalankan proses download. Beberapa program download manager dan semacamnya sudah punya fitur yang mampu mengerjakan fungsi lain setelah proses download-nya selesai secara otomatis, misalnya akan mengunci layar atau mematikan (shutdown) komputer secara otomatis. Namun bagaimana dengan file yang di-download bukan melalui program download manager tetapi dari browser atau dari game launcher? Checketry bisa diandalkan untuk masalah itu.

Checketry adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melacak dan mengelola file yang di-download di desktop/PC melalui perangkat Android. Dengan Checketry file-file yang di-download di PC bisa dikontrol dari jarak jauh.

Cara install dan penggunaan Checketry

Prinsip kerja Checketry adalah menghubungkan perangkat Android dengan PC sehingga aktivitas atau proses download pada PC bisa terdeteksi dan dilaporkan pada perangkat Android. Cara menghubungkan keduanya adalah dengan meng-install aplikasi Checketry pada Android dan pada PC. Selain melakukan instalasi Checketry, pengguna juga harus melakukan pendaftaran (Sign up) dan melakukan Log In pada aplikasi Checketry di Android dan desktop.

  1. Pertama, install Checketry ke perangkat Android.
  2. Kemudian buat akun Checketry dari perangkat Android Anda. Kalau mau cepat bisa lewat akun Google.
  3. Lalu download aplikasi desktop Checketry, dan login dengan akun yang sudah Anda buat sebelumnya.

Setelah aplikasi Android dan aplikasi desktop-nya ter-install dan Anda sudah login ke keduanya, langkah selanjutnya adalah menghubungkan Checketry dengan browser dan/atau aplikasi lainnya. Untuk menghubungkan Checketry dengan browser, Anda perlu meng-install extension untuk browser yang Anda gunakan.

Selain browser, Anda juga bisa menghubungkan Checketry dengan aplikasi Torrent seperti uTorrent atau qBitTorrent, bahkan bisa juga dengan Steam.

Checketry

Untuk pengaturan awal penggunaan Checketry memang agak panjang, agak ribet karena harus melewati beberapa tahap yang membutuhkan login. Yang pertama Signin untuk pembuatan akun, lalu login di Android, login di PC, login waktu menghubungkan uTorrent, dan login di extension browser. Makin banyak aplikasi/extension yang dihubungkan makin banyak login-nya. Tapi apa boleh buat, hanya itulah caranya biar semua aplikasi terhubung dengan baik.

Setelah semua proses login dilewati, selanjutnya apa? Tentu saja, download film bajakan file open source yang berukuran besar biar kita bisa menguji coba langsung Checketry ini. Dianjurkan yang ukurannya ratusan MB ke atas biar proses download-nya bisa diamati langsung.

Tapi sebenarnya Anda bisa men-download apa saja sih, tidak perlu file ISO besar seperti di atas. Anda bisa melanjutkan proses download Anda seperti biasanya. Namun dengan Checketry Anda bisa mengawasi dan memperhatikan file yang Anda download dari PC melalui perangkat Android Anda. Tidak perlu berada di ruang yang sama, tidak perlu berada dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama, karena progress pada Checketry bisa diamati dari jauh.

Checketry bisa di-download secara gratis, namun fiturnya terbatas. Untuk versi gratisnya, hanya ada fitur tracking biasa untuk menampilkan progres download seperti ukuran file, kecepatan download, sisa file yang di-download dan sebagainya. Tidak bisa pause, resume dan hapus pada versi gratis. Selain itu di versi gratisnya akan ada iklan pada aplikasinya. Untuk bisa mendapatkan fitur penuhnya Anda perlu melakukan upgrade ke Premium dengan sistem berlangganan, yang perbulannya adalah US$2.99. Kalau mau, Anda bisa coba trial-nya dulu untuk satu bulan, gratis katanya.

Tapi… kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang, Anda bisa tetap menggunakan versi gratisnya atau mendaftar Checketry lewat link referral saya (https://checketry.com?referral=1dgor5lo1). Kalau Anda daftarnya lewat situ Anda bisa menikmati versi Premium selama satu (1) bulan gratis (saya juga dapat satu bulan gratis).

Sejauh ini Checketry sudah lumayan membantu bagi saya, maklum, biasanya aktivitas download saya dimulai pas malam hari sebelum tidur dan Checketry (upgraded, trial) punya fitur Shut Down Timer untuk mematikan laptop saya secara otomatis begitu semua proses download selesai. Tapi, apakah US$2.99 perbulan itu worth it untuk versi Premium-nya? Bagi saya pribadi tidak, tidak untuk saat ini. Tapi kalau $2.99 sekali bayar sih bisa jadi.

Referensi: https://checketry.com/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *