Temukan ‘playlist’ tersembunyi di Spotify dengan mencari “picked just for you”

Spotify memiliki berbagai macam playlist yang dipersonalisasi untuk setiap penggunanya. Ada Discovery Weekly yang rilis setiap hari Senin, ada Release Radar yang menghadirkan lagu-lagu yang baru dirilis, dan ada juga enam Daily Mix berbeda yang berisikan lagu-lagu rekomendasi unggulan yang diperbarui setiap hari.

Selain playlist yang sudah umum dikenal tersebut, ternyata masih ada lagi personalized playlist di Spotify yang jarang diketahui orang-orang. Playlist ini tidak muncul di halaman depan Spotify, dan hanya muncul ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci “picked just for you“.

Jadi, kalau Anda mencari kata kunci “picked just for you“, akan muncul berbagai macam playlist “tersembunyi” dengan berbagai genre musik. Setiap playlist atau setiap genre berisi kompilasi lagu yang berisi setidak-tidaknya satu lagu top yang sering Anda dengarkan.

Tapi kalau playlist-nya dipersonalisasi kenapa sudah banyak likes-nya ya? Karena sebenarnya playlist picked just for you ini seperti radio dalam bentuk playlist. Judul playlist-nya mungkin sama ke semua orang yang menemukannya tetapi isinya bisa berbeda-beda.

Oh ya sebagai catatan, tidak semua playlist yang muncul akan sangat relevan dengan selera musik Anda. Bisa bervariasi untuk setiap orang. Ada playlist yang di dalamnya tidak ada lagu favorit saya (tapi masih satu genre dengan lagu favorit saya yang lain), dan ada juga yang genre-nya tidak pernah saya mainkan (secara sengaja, entah kalau dimainkan karena shuffled) sama sekali. Tapi, kebanyakan playlist-nya isinya bagus dan langsung dapat 💚.