Mengatur anggaran untuk pengeluaran Google Play Anda

Play Store Budget

Untuk membantu pengguna biar tidak berbelanja secara berlebihan, Google telah meluncurkan pembaruan pada Google Play untuk membantu pengguna menetapkan dan mengelola anggaran pengeluaran di Google Play Store.

Cara mengatur anggaran

  1. Untuk mengatur anggaran pengeluaran, buka Google Play lalu buka menu, dan masuk ke Account.
  2. Buka tab Purchase History atau Histori Pembelian.
  3. Pilih Set budget atau Tetapkan anggaran.
  4. Kemudian masukkan jumlah yang Anda inginkan, lalu simpan.

Setelah menetapkan budget atau anggaran, jumlah pengeluaran Anda akan muncul sebagai sebuah progress bar yang akan menuju ke sebuah titik yang merupakan jumlah anggaran Anda dalam satu bulan. Secara visual progress bar ini cukup membantu untuk mengukur pengeluaran kita, namun sayangnya tidak ada batasan yang nyata yang diberikan Google.

Menetapkan anggaran tidak akan menghentikan Anda dari benar-benar membeli item.

Google sendiri sudah menyatakan bahwa anggaran yang diatur tidak akan menghentikan pembelian item. Artinya, Anda tetap bisa membeli item di luar anggaran Anda. Kalau harga item yang ingin Anda beli itu melewati batas, Anda akan diperingatkan bahwa Anda telah over budget, tetapi Anda tetap bisa membeli item tersebut. Satu-satunya cara biar tidak over budget ya… dengan membatalkan transaksinya.

Play Store - Over Budget

Tapi bagaimanapun juga, fitur ini sudah cukup membantu bagi saya pribadi, terutama karena metode pembayaran yang saya pakai untuk membeli item di Google Play adalah kartu debit, yang lebih susah dibatasi dibanding voucher Google Play yang bisa dibeli sedikit-sedikit.

Referensi: https://support.google.com/googleplay/answer/9281767 https://support.google.com/googleplay/answer/9281767?hl=id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *