Cara hapus ‘follower’ di Spotify

Spotify adalah sebuah layanan streaming musik yang sebenarnya juga bisa dianggap sebagai sebuah media sosial. Walaupun berbeda dengan platform media sosial pada umumnya, Spotify memiliki fitur-fitur sosial yang mendukung sebagai sebuah media sosial, seperti, profil pribadi untuk setiap akun, dapat mengikuti (dan diikuti) teman, melihat aktivitas teman, mendengarkan lagu secara bersama-sama, dan lainnya.

Banyak orang yang senang dengan fitur sosial yang ada di Spotify karena bisa menghubungkan orang-orang dengan lebih dekat melalui selera musik. Bahkan banyak yang me-request agar Spotify menambah fitur sosial lebih banyak lagi. Tapi tidak sedikit juga yang tidak suka dan menjauhi fitur sosial tersebut. Banyak juga yang ingin menggunakan Spotify dan menikmati musik tanpa embel-embel sosial.

Salah satu hal yang paling banyak dicari di Spotify bahkan oleh orang yang aktif menggunakan fitur sosial di Spotify adalah fitur menghapus atau memblokir seseorang dari daftar Followers. Macam-macam alasan orang. Ada yang karena risih atau tidak suka dengan akun/profil tertentu, ada yang ingin merahasiakan profil dan koleksi playlist-nya dari publik atau orang-orang dekat, dan ada juga yang tidak ingin orang asing dengan mudah mengetahui siapa saja yang ia follow hanya dengan membuka profilnya.

Kalau Anda adalah salah satu pengguna Spotify yang juga memiliki masalah-masalah seperti di atas atau hal-hal yang berhubungan dengan privasi, Anda bisa memanfaatkan fitur blokir dari Spotify untuk memblokir sekaligus menghapus seseorang dari daftar pengikut Anda.

Cara hapus atau blok follower di Spotify:
  1. Dari halaman utama (Home), buka Settings dengan men-tap ikon gear di kanan atas.
  2. Buka profil Anda, dan buka daftar followers Anda.
  3. Cari dan buka salah satu nama profil yang ingin Anda blokir atau hapus.
  4. Di halaman profil orang tersebut, tap menu (titik tiga) di kanan atas.
  5. Pilih Block untuk memblokir.

Setelah memblokir seseorang, apa yang terjadi?

Setelah diblokir, maka akun atau profil tersebut akan:

  • Dihapus dari daftar pengikut Anda (dan tetap hilang bahkan setelah di-unblock).
  • Tidak bisa lagi melihat public playlist Anda.
  • Tidak bisa membuka halaman profil Anda.
  • Tidak bisa melihat aktivitas Anda di Spotify.

Kalau seandainya Anda berubah pikiran, Anda bisa saja membuka blokirnya dengan cara membuka profilnya kembali dan memilih Unblock.

Selamat mencoba.