Trik atasi ‘bug’ Dark Mode untuk Individual apps (MIUI 12)

MIUI Dark Mode

Di perangkat MIUI 12 yang saya gunakan (Poco X3 NFC), ada fitur dark mode yang membuat tema seluruh sistem menjadi gelap. Fitur ini ketika diaktifkan akan membuat seluruh aplikasi baik itu sistem ataupun pihak ketiga menjadi gelap. Pada beberapa aplikasi, ada yang menjadi gelap dengan sempurna, namun tidak sedikit juga yang kontennya menjadi tidak jelas terbaca. Ini disebabkan karena fitur dark mode pada MIUI dipaksakan ke aplikasi pihak ketiga dengan metode invert, sehingga ada kemungkinan kontras pada beberapa elemen aplikasi menjadi kacau.

MIUI sebenarnya sudah menyediakan pilihan untuk mengecualikan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang dark mode-nya tidak pas. Fitur ini memungkinkan pengguna mengaktifkan dark mode untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja sesuai keinginan.

Yang jadi masalah adalah adanya bug pada update-an di MIUI 12 (atau setidaknya di perangkat saya) yang membuat daftar aplikasi pihak ketiga tidak muncul (bisa dilihat pada gambar paling di atas). Bug ini hanya saya temukan pada perangkat dengan sistem MIUI 12 yang memiliki menu More Dark mode options saja.

Kalau perangkat Anda masih menampilkan menu dark mode dan Individual apps secara terpisah, perangkat Anda aman dari bug ini. Tapi kalau di menu Display-nya sudah ada Light mode dan More Dark mode dan ada menu More Dark mode options-nya, maka kemungkinan besar perangkat Anda akan mengalami masalah yang sama.

MIUI Dark Mode - Individual apps

Kalau perangkat Anda mengalami masalah ini, tenang, Anda tidak perlu melakukan restart apalagi reset karena untuk mengatasi atau mengakali bug ini cukup mudah, caranya adalah:

Pada halaman More Dark mode options, tap dan tahan tulisan Individual apps lalu geser ke atas sedikit. Ini akan membuat daftar aplikasi pihak ketiganya muncul kembali. Anda bisa geser/scroll daftarnya untuk mencari aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dark mode-nya. Silakan dicoba.

You may also like...