Home Review Tips Bahas Berita

Atasi masalah pop-up ‘Allow Photos to move this photo to trash’ yang sering muncul

Bagi Anda yang menggunakan Google Photos sebagai aplikasi galeri utama, atau setidaknya pernah mengakses foto melalui Google Photos mungkin pernah melihat pop-up seperti gambar di atas saat menghapus foto. Pop-up tersebut muncul setiap kali pengguna (khusus pengguna Android 11+) menghapus sebuah atau beberapa foto melalui Google Photos. Kalau cuma sekali dua kali mungkin tidak ada masalah, tetapi kalau sering, pasti rasanya mengganggu.

Jika Anda merasa terganggu dengan munculnya pop-up ini Anda bisa memberikan permission atau izin tambahan untuk Google Photos agar pop-up-nya tidak muncul lagi.

Cara memberikan izin mengelola file media untuk Google Photos:

  1. Buka Settings atau Setelan
  2. Di kolom pencarian cari Special permissions
  3. Kemudian cari dan buka Media management apps
  4. Buka menu Photos, lalu aktifkan Allow app to manage media
  5. Selesai

Adanya langkah tambahan untuk menghapus foto dari Google Photos disebabkan karena adanya perubahan pada sisi permission atau perizinan untuk pengelolaan file media di Android 11. Sebelum Android 11, setiap aplikasi yang ingin mengakses data, dokumen, atau file pribadi yang sensitif hanya ditangani oleh satu jenis permission saja. Kemudian mulai sejak Android 11, Google membuat perubahan yang membatasi kemampuan aplikasi dalam mengakses file pribadi pengguna. Untuk itu Google Photos, misalnya, harus meminta izin tambahan untuk menghapus foto meskipun sebelumnya sudah diberikan permission untuk Files and media.

Nah, pertanyaannya kenapa muncul pop-up di Google Photos tapi tidak di aplikasi galeri bawaan? Jawabannya karena aplikasi galeri bawaan adalah aplikasi system yang sudah pasti mendapatkan semua permission yang dibutuhkan, sedangkan aplikasi Google Photos hanyalah aplikasi pihak ketiga (kecuali di perangkat Pixel) yang perlu meminta izin seperti halnya aplikasi non-system lainnya.