Blok lagu/album/penyanyi di Spotify secara otomatis dengan Stapp

Stapp

Banyak orang yang senang mendengarkan lagu di Spotify dengan mode acak alias shuffle, baik itu lagu dari playlist official buatan Spotify, ataupun dari Radio/Stations. Mode shuffle membuat banyak lagu dan penyanyi baru masuk ke radar kita. Saya sendiri sudah menemukan banyak lagu dan penyanyi baru favorit berkat fitur shuffle dan radio. Tapi disamping itu, selain memainkan lagu yang jarang didengar fitur shuffle juga seringkali memainkan lagu-lagu penyanyi mainstream yang sudah overplayed di mana-mana dan sangat membosankan untuk didengarkan. Solusinya? Aplikasi Stapp.

Stapp adalah aplikasi pihak ketiga untuk Android yang memungkinkan pengguna Spotify memblokir atau meng-skip lagu, album dan/atau penyanyi di Spotify secara otomatis.

Nah, seperti yang kita ketahui bersama, fitur skip lagu adalah fitur yang hanya tersedia untuk pengguna Spotify Premium saja, namun yang dilakukan Stapp bukanlah memberikan fitur skip secara gratis ke pengguna Spotify free. Stapp hanya memberikan kemampuan skip untuk lagu atau track yang memang bisa di-skip. Dan itu berarti Stapp hanya bisa bekerja secara optimal untuk pengguna Spotify Premium saja.

Fitur-fitur Stapp:

  • Memblokir lagu, album dan/atau penyanyi.
  • Memblokir lagu-lagu atau album yang mengandung kata kunci yang ditentukan.
  • Memiliki menu atau daftar whitelist. Lagu yang masuk dalam daftar whitelist akan tetap dimainkan.
  • Bekerja secara offline.
  • Gratis dan tanpa iklan.

Cara memblokir lagu di Spotify dengan Stapp

Cara kerja Stapp cukup sederhana, Anda masukkan kriteria yang ingin diblokir atau di-blacklist dan Stapp akan meng-skip lagu yang memenuhi kriteria tersebut.

Langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah meng-install Stapp dari Play Store, lalu jalankan aplikasinya dan hubungkan dengan akun Spotify Anda.
  2. Jangan lupa untuk memastikan kalau ‘Device Broadcast Status’ pada halaman Settings sudah aktif.
  3. Mainkan sebuah lagu yang ingin diblokir. Kalau yang ingin diblokir adalah penyanyi maka Anda bisa mainkan lagu apa saja dari penyanyi tersebut. Tidak perlu mainkan sampai selesai, cukup play lalu pause.
  4. Buka kembali Stapp, dan pastikan kalau lagu yang tadi dimainkan di Spotify juga muncul pada halaman utama Stapp.
  5. Perhatikan tombol-tombol kontrol yang ada pada halaman utama Stapp. Tombol paling kiri adalah tombol ‘block’ dan tombol gear yang ada di ujung kanan adalah tombol setting.
  6. Untuk memblokir, tap ikon blok 🚫 untuk memunculkan menu blokir. Akan ada tiga kriteria yang bisa dijadikan sebagai rule (metode blokir), yaitu berdasarkan kecocokan judul lagu, nama album atau nama penyanyi. Anda bisa memberi centang pada kriteria yang akan diblok, bisa salah satunya ataupun ketiganya sekaligus.
  7. Semua lagu-lagu, nama album dan penyanyi yang Anda blok akan muncul pada tab ‘Blacklist’ (Rule Manager) yang bisa diakses dari ikon gear.
  8. Pada halaman Rule Manager Anda juga bisa membuat sebuah rule berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan, tanpa perlu memainkan sebuah lagu terlebih dahulu. Caranya tinggal men-tap tombol plus +, lalu ketikkan kata kunci yang ingin diblok.
  9. Halaman/tab Blacklist juga akan menampilkan jumlah skip (ikon merah kecil berisi angka) untuk setiap rule. Sedangkan halaman/tab Recents akan menampilkan lagu apa saja yang telah di-skip.

Aplikasi Stapp ini masih dalam pengembangan namun sudah bekerja dengan baik dan bisa diandalkan. Kalau Anda juga punya daftar lagu yang ingin dilenyapkan atau penyanyi yang Anda tidak sukai, saya sarankan untuk meng-install Stapp. Mumpung masih gratis dan bebas iklan.

You may also like...