Gallery Go, aplikasi galeri ringan dan cepat alternatif Google Photos

Gallery Go

Gallery Go adalah sebuah aplikasi galeri foto dari Google yang dirancang khusus untuk perangkat-perangkat yang berspesifikasi rendah dan/atau yang memiliki koneksi Internet yang terbatas.

Gallery Go pada dasarnya adalah versi ‘lite‘ dari Google Photos atau “Google Photos versi offline“, tampilannya mirip dengan Photos tapi dengan fitur terbatas.

Secara default (bawaan) Gallery Go memberikan dua buah menu atau tampilan utama, yaitu Photos dan Folders. Photos adalah mode galeri yang compact yang menampilkan seluruh koleksi foto secara kronologis, sedangkan Folders sesuai dengan namanya adalah koleksi foto berdasarkan folder, hampir mirip dengan tampilan Albums pada Google Photos, bedanya tampilan Albums pada Google Photos menampilkan koleksi foto lokal dan juga koleksi foto di cloud. Gallery Go juga memberikan informasi ukuran (bukan jumlahnya) dari setiap folder pada tampilan Folders.

Meskipun fiturnya sangat sederhana, Gallery Go tetap didukung oleh teknologi AI dan machine learning dari Google. Teknologi AI/ML memungkinkan Gallery Go mampu mengelompokkan foto dan memberinya label berdasarkan karakteristik wajah dan juga objek, secara otomatis. Fitur cerdas ini disebut face grouping, dan bisa diakses langsung dari halaman depan Gallery Go (tidak ada screenshot-nya untuk menjaga privasi). Oh ya, berbicara mengenai AI/ML, Anda tidak akan menemukan fitur Google Lens dan Assistant di Gallery Go.

Gallery Go masih tetap dilengkapi dengan fitur edit (dan Auto edit) untuk foto, dan ini adalah salah satu hal yang saya sukai dari Gallery Go. Fungsi yang ditawarkan pada fitur edit-nya tidak banyak, hanya ada filter, rotate untuk memutar foto dan crop. Sederhana tapi efektif. Tapi yang saya sayangkan adalah fitur crop-nya tidak menyediakan fungsi “crop and save”, hanya ada “save a copy” yang artinya file asli dari gambar yang di-crop akan tersimpan, tidak tertimpa.

Selain bisa edit foto, ternyata ada fitur edit video juga. Ya, Gallery Go punya fitur viewer video sekaligus trimming atau potong video yang sederhana. Lumayan lah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Gallery Go adalah aplikasi yang sangat basic, sudah jelas. It just works, bekerja dengan baik sesuai dengan deskripsinya. Tapi dari kesederhanaannya inilah Gallery Go menjadi salah satu aplikasi galeri favorit saya, selain Focus. Mudah digunakan, ringkas, ringan dan cepat tanpa animasi yang tidak perlu, foto dan gambar yang cepat dimuat, serta fitur pas-pasan tapi terpakai semua. Untuk alasan itulah Gallery Go akhirnya berhasil menempati posisi terbaik di perangkat saya, yaitu berada di Home screen di samping ikon kamera. Gallery Go sangat bisa diandalkan untuk yang butuh akses cepat ke galeri. Start up-nya cepat dan semua foto dan video bisa langsung muncul tanpa jeda baik untuk foto yang baru saja ditangkap kamera atau pun yang di-download atau dikirim lewat Bluetooth. Thanks Google.

Gallery Go by Google Photos
Gallery Go by Google Photos

You may also like...