Find It, aplikasi pencari teks pada dokumen fisik

Mencari kata atau teks pada dokumen digital seperti file PDF, artikel blog, Wikipedia, dan lainnya itu sudah biasa. Namun bagaimana kalau kita ingin mencari kata atau teks pada dokumen fisik/cetak seperti poster, buku atau majalah? Find It adalah jawabannya.

Search for that one specific bit of text you need. Works on books, magazines, labels, user manuals and more – all using your Android device’s camera.

Find It adalah sebuah aplikasi pemindai teks khusus untuk dokumen fisik/cetak, bagaikan “Ctrl+F” untuk buku/majalah. Aplikasinya cukup sederhana dan cara pakainya juga gampang. Cukup jalankan aplikasinya, tap ikon pencarian di kanan atas lalu ketikkan kata/teks yang ingin Anda cari, kemudian arahkan kamera smartphone Anda ke dokumen. Kata-kata yang ditemukan akan disorot dengan cara diberi garis bawah warna kuning.

Pastikan untuk memegang smartphone Anda dengan stabil dan dengan kondisi cahaya yang cukup agar semua kata/teks bisa ditemukan dengan sempurna.

Kata yang dicari bisa lebih dari satu, bahkan satu kalimat penuh, dan prosesnya juga cukup cepat dan akurat. Selain itu hasil pencariannya juga mengikutkan kata yang memiliki awalan dan/atau akhiran. Misalnya, pada saat mencari kata “satu”, kata-kata seperti “bersatu”, “persatuan”, dan “kesatuan” juga dikenali. Entah ini adalah sebuah kelebihan atau kekurangan tetapi saya berharap ada cara untuk memilih mode “exact word” atau “contains” sehingga kata dasar atau tunggal bisa dibedakan dengan kata yang bergabung/berimbuhan.

Menurut halaman Find It di Google Play Store, salah satu kelebihan Find It adalah pengguna tidak perlu mengambil foto terlebih dahulu lalu kemudian melakukan pemindaian. Memang benar, cara seperti itu lebih lambat, tidak real-time, tetapi menurut saya seandainya disediakan pilihan untuk memindai teks dari foto dari galeri pasti akan lebih membantu, atau setidaknya pengguna diberikan cara untuk menyimpan hasil pemindaian ke bentuk foto/screenshot.

Hal lain yang menurut saya perlu ditambahkan di Find It adalah adanya jumlah kata yang ditemukan. Proses pemindaiannya sangat bergantung pada kondisi cahaya, sudut pengambilan dan kestabilan kameranya, oleh karena itu pada saat proses memindai, kata-kata yang disorot harus dihitung secara manual, dengan cepat, sebelum kata yang sudah sempat ditemukan malah jadi unregistered alias tidak terdeteksi hanya gara-gara hapenya goyang-goyang. Namun secara umum menurut saya Find It sudah cukup bisa diandalkan untuk hal-hal ringan.

Buat yang mau coba langsung, silakan download Find It di Google Play Store, gratis.

Find It - Document Search
Find It - Document Search
Developer: Akash Idnani
Price: Free+
Referensi: http://finditsoftware.com/

You may also like...