Appscope, ‘app store’ untuk aplikasi PWA

Appscope

Appscope adalah sebuah website direktori/katalog yang berisikan aplikasi-aplikasi mobile yang berbasis web, khususnya Progressive Web App (PWA).

Apa itu PWA?

Secara sederhana, PWA adalah sebuah metode atau format dari situs web (mobile) yang menggabungkan elemen-elemen kemudahan dan fleksibilitas dari web apps (aplikasi web) dengan fungsionalitas dan user experience dari aplikasi native (sebutan untuk aplikasi yang dikembangkan khusus untuk suatu platform, seperti Android atau iOS).

PWA, sesuai namanya adalah aplikasi yang berbasis web (tetapi tidak semua aplikasi berbasis web adalah PWA), yang artinya adalah aplikasinya di-host (disimpan) pada browser. Aplikasi PWA bersifat responsif yang artinya fitur-fitur dan kemampuannya tidak terbatas pada satu platform saja, misalnya Android saja, atau iOS saja, namun kompatibel untuk semua platform karena aplikasi PWA hanya membutuhkan browser sebagai syarat utama. Sifat responsifnya juga akan membuat tampilan dari PWA dapat menyesuaikan dengan segala macam ukuran layar perangkat, mulai dari smartphone, tablet, laptop dan juga desktop.

Whatcanwebdotoday

Appscope

Appscope (https://appsco.pe/), yang juga merupakan PWA, adalah semacam app store untuk aplikasi-aplikasi PWA. Appscope, sebenarnya bukan sebuah app store karena kita tidak bisa membeli sesuatu dari situ, tetapi desain dan tampilannya sangat mirip dengan sebuah app store modern.

Ada banyak sekali aplikasi dari berbagai kategori dan games yang bisa ditemukan di Appscope. Bahkan aplikasi-aplikasi populer seperti Instagram, Twitter (Lite), Uber, dan Tinder juga ada.

Cara pakai Appscope sangat mudah. Tinggal browsing dan cari aplikasi yang menurut Anda menarik, lalu tap tombol Launch app untuk menuju ke situs di mana PWA-nya berada. Selanjutnya akan muncul pop-up yang akan merekomendasikan Anda untuk meng-install aplikasi PWA tersebut ke Home screen Anda. Begitu selesai ter-install, aplikasi PWA bisa ditemukan di app drawer (halaman berisi aplikasi), layaknya aplikasi biasa. Untuk menghapusnya juga sama dengan menghapus aplikasi biasa, cukup tap dan tahan ikon aplikasinya sampai muncul pilihan Uninstall.

Karena aplikasi PWA pada dasarnya adalah aplikasi yang “menumpang” di browser, maka semua data/assets-nya disimpan di browser juga. Biasanya ukuran sebuah aplikasi PWA tidak besar, hanya beberapa ratus KB saja, ini karena sebagian besar data-data/resources-nya tersimpan di browser, oleh karena itu ketika sebuah aplikasi PWA makin sering digunakan (baca: cache-nya bertambah besar) maka ukuran data/cache dari browser juga bertambah besar.

You may also like...