Netflix hadirkan fitur Transfer Profil

Netflix menghadirkan fitur Profile Transfer, atau Transfer Profil, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan seorang pemilik akun mentransfer sebuah profil menjadi sebuah akun baru yang terpisah.

Dari halaman berita Netflix:

Hari ini kami meluncurkan Transfer Profil, fitur yang memungkinkan orang-orang yang menggunakan akunmu untuk mentransfer profil saat memulai keanggotaan mereka sendiri. Ini meliputi rekomendasi yang dipersonalisasi, riwayat menonton, Daftar Saya, game tersimpan, dan pengaturan lainnya.

Secara sederhana, fitur Transfer Profil akan mengkonversi sebuah profil (dari sebuah akun) menjadi sebuah akun tersendiri. Yang artinya setelah menjadi akun tersendiri maka status keanggotaan atau status berlangganannya menjadi terpisah dengan akun awal/sebelumnya.

Cara mentransfer profil ke akun baru

Pemilik akun dapat melakukan transfer profil dengan cara berikut:

  1. Dari browser, masuk ke akun yang memiliki profil yang ingin Anda aktifkan di akun baru.
  2. Kunjungi halaman Akun.
    • Sebagai alternatif, Anda dapat menemukan opsi ini di menu dropdown pilihan profil di halaman beranda.
  3. Pilih profil yang ingin Anda gunakan dengan akun baru di bagian Profil dan Kontrol Orang Tua.
  4. Pilih linkTransfer di bagian Transfer Profil.
    • CATATAN: Netflix akan tetap menyimpan salinan profil tersebut di akun awal.
  5. Masukkan alamat email dan password yang ingin Anda gunakan untuk akun baru.
  6. Ikuti perintah di layar untuk menyelesaikan pengaturan akun.

Setelah transfer profil selesai dilakukan, akun baru akan siap digunakan. Semua riwayat, data yang telah dipersonalisasi, daftar-daftar, rekomendasi, dan lainnya juga ikut ke akun barunya sehingga tidak ada yang hilang.

Apa sih gunanya fitur Transfer Profil ini? Apakah memang ini adalah “Fitur baru yang banyak diminta” seperti yang disebutkan Netflix?

Menurut Netflix, fitur Transfer Profil ini berguna kalau ada anggota keluarga yang pindah, atau teman/pasangan yang ingin memiliki akun Netflix pribadinya sendiri tanpa perlu membuat akun baru. Alasan yang masuk akal dan valid, tapi sebenarnya fitur Transfer Profil adalah langkah awal dari Netflix untuk memberantas praktik password sharing. Ke depannya Netflix akan makin gencar mengurangi akun Netflix sharing, atau beberapa profil yang menumpang di satu akun. Netflix akan memaksa semua pemilik akun untuk membayar sendiri-sendiri alias satu akun satu profil, dan itu dimulai dari kemunculan fitur Profil Transfer. Jadi, kalau Anda adalah salah satu pengguna Netflix sharing, bersiaplah. Cepat atau lambat, Netflix akan memaksa akun utama untuk mentransferkan (baca: menendang) profil-profil tambahan yang mungkin adalah profil Anda.