Home Review Tips Bahas Berita

Netflix luncurkan fitur untuk mengelola akses perangkat

Netflix meluncurkan fitur baru yang bernama Manage Access and Devices (Kelola Akses dan Perangkat) yang memungkinkan pemilik akun dapat melihat dan mengelola perangkat-perangkat yang sedang aktif.

Dikutip dari Netflix:

Hari ini, kami meluncurkan Kelola Akses dan Perangkat, fitur baru di Pengaturan Akun yang memungkinkan Anda dengan mudah melihat perangkat yang baru-baru ini melakukan streaming dari akun Anda dan keluar dari perangkat tertentu hanya dengan satu klik.

Dengan fitur ini, pemilik akun Netflix dapat menghentikan akses perangkat tertentu dari jauh tanpa perlu mengeluarkan semua perangkat secara bersamaan, termasuk yang diizinkan. Fitur ini akan menampilkan detail yang dapat membantu pemilik akun mengenali perangkat-perangkat yang sedang aktif terhubung. Ada jenis perangkat, nama film yang baru saja ditonton, kapan terakhir ditonton, dan lokasi terakhir perangkatnya mengakses akunnya. Semua ini bisa dilihat di halaman Pengaturan Akun Netflix.

Netflix menghadirkan fitur ini sebagai solusi yang mudah untuk menghapus akses sebuah perangkat yang hanya digunakan secara sementara, misalnya perangkat yang digunakan saat liburan dan lupa dikeluarkan.

Walaupun sebenarnya fitur Kelola Akses dan Perangkat ini adalah bagian dari strategi Netflix untuk mengurangi praktik password sharing tapi saya pribadi cukup senang dengan keberadaan fitur ini. Fitur ini sangat berguna bagi pemilik akun level Ponsel atau Dasar (yang screen limit-nya hanya satu layar) yang pernah meminjamkan akunnya ke orang lain tetapi ternyata orang itu malah keenakan dan selalu nonton maraton alias siang-malam 24/7. Kalau Anda pernah meminjamkan akun dan bahkan sampai membuat profil khusus untuk orang lain, Anda pasti tahu bagaimana rasanya berada di situasi seperti itu.

Lagi ingin menonton sesuatu tapi pas filmnya mau diputar ternyata ada orang lain yang sedang nonton? Tinggal keluarkan perangkatnya secara paksa dan ambil alih akun Anda, terus bilang kalau ada “error di Netflix”. Gampang kan? Terima kasih Netflix!