Apa itu Netflix sharing, private, dan trial?

Netflix

Biar lebih paham dengan layanan Netflix dan istilah-istilah yang sering digunakan, saya akan bahas beberapa hal yang mungkin masih banyak yang belum tahu.

Akun dan profil

Akun berarti sebuah informasi login berupa email dan password untuk masuk ke layanan Netflix.

Profil adalah identitas yang terpisah di dalam sebuah akun. Sebuah akun bisa memiliki lebih dari satu profil. Sebuah akun Netflix bisa berisi satu buah profil saja, atau bisa juga dua, tiga, empat, atau pun lima. Setiap profil bisa dibeda-bedakan atau dipersonalisasi berdasarkan bahasa (aplikasi atau subtitle), selera/genre tontonan, rating usia, dan lain-lain.

Profil bisa dengan mudah dibuat dan dihapus sesuai kebutuhan. Jumlah profil maksimum adalah lima (5) buah.

Jenis paket Netflix

Paket yang ditawarkan Netflix ada beberapa jenis, dibedakan berdasarkan harga, kualitas video, dan jumlah layar aktif (jumlah penonton) dalam satu waktu.

Netflix - Paket

Paket Mobile/Ponsel:
Harganya paling murah tetapi hanya bisa diakses pada smartphone dan tablet saja. Resolusi yang didapatkan adalah yang terendah (480p), dan jumlah layar aktif (penonton) hanya satu (1).

Paket Basic/Dasar:
Bisa diakses dari smartphone, tablet, TV, dan juga laptop. Sama dengan paket Mobile/Ponsel, kualitas video yang didapatkan hanya 480p dan jumlah layar aktif hanya satu (1).

Yang membedakan paket Ponsel dan paket Dasar adalah paket Ponsel khusus untuk smartphone saja, sedangkan paket Dasar bisa juga diakses di laptop/TV.

Paket Standar:
Bisa diakses dari smartphone, tablet, TV, dan juga laptop. Kualitas video yang didapatkan adalah 1080p, dan jumlah layar aktif bisa dua (2).

Paket Premium:
Bisa diakses dari semua perangkat (smartphone, tablet, TV, dan juga laptop). Kualitas video yang didapatkan adalah yang tertinggi yaitu 4K+HDR (disesuaikan dengan jenis perangkatnya), dan jumlah layar aktif sampai dengan empat.

Screen limit / Layar aktif

Jumlah layar aktif adalah jumlah orang/profil yang bisa menonton secara bersamaan.

Jumlah layar aktif pada paket Ponsel dan Dasar hanya satu layar saja. Kalau ada orang/profil yang mencoba menonton ketika sudah ada satu layar yang aktif maka Netflix akan menghentikannya untuk sementara dan akan memunculkan pesan kalau ada pengguna lain yang sedang menonton. Di samping itu Netflix juga akan merekomendasikan Anda untuk melakukan upgrade paket agar Anda bisa melanjutkan menonton pada saat itu juga.

Jumlah layar akfif tertinggi ada pada paket Premium, yang jumlahnya bisa sampai empat (4) layar sekaligus.

Netflix sharing

Netflix sharing sebenarnya istilah umum, tetapi sering juga digunakan untuk merujuk pada akun-akun Netflix yang dijual orang-orang di media sosial/marketplace/Internet.

Netflix sharing artinya sebuah akun Netflix yang email dan password-nya dibagi-bagikan ke orang lain untuk dipakai bersama.

Kalau ada teman atau keluarga Anda yang meminjamkan akun/password Netflix-nya kepada Anda, itu sudah termasuk akun sharing. Akun sharing biasanya ditandai dengan jumlah profil yang ada lebih dari satu (contohnya gambar di atas). Tapi, akun yang profilnya hanya ada satu juga bisa disebut sharing kalau akunnya dipakai beberapa orang sekaligus.

Kalau Anda membeli akun sharing dari penjual akun Netflix di Internet, biasanya Anda akan diberikan sebuah akun (paket Premium!) yang di dalamnya ada lima buah profil di mana satunya dipegang khusus sama penjual akunnya, dan salah satunya adalah profil khusus untuk Anda.

Netflix private

Private pada dasarnya berarti akun yang dimiliki oleh Anda sendiri. Kalau Anda adalah orang yang membuat, membayar, dan mengelola akunnya berarti akun Netflix Anda itu bersifat private.

Kalau Anda membagikan aksesnya ke orang lain, berarti akun tersebut sudah termasuk sharing, walaupun sifatnya private bagi Anda.

Sedangkan untuk akun yang dijual bebas di Internet, akun private berarti akun Netflix yang masih baru atau kosong yang hanya dijual ke satu orang/pembeli saja. Tidak ada penumpang gelap alias belum ada profil di dalamnya. Jadi, Anda akan bertindak sebagai pemilik akun yang bisa membuat profil baru (maks 5) layaknya mendaftar Netflix melalui jalur standar.

Netflix semi private

Akun semi private berarti akun sharing yang memiliki akses ke dua buah profil. Dengan akses ke dua buah profil berarti penggunanya bisa membagikan akunnya tersebut ke orang lain lagi, sehingga pemegang akun semi private bisa punya dua layar aktif sekaligus karena punya dua profil.

Singkatnya seperti ini:

Netflix sharing: Pemiliknya ada empat orang, masing-masing berhak untuk satu profil.
Netflix private: Pemiliknya cuma satu orang, dengan jumlah profil di dalamnya maksimal 5.
Netflix semi private: Pemiliknya ada dua orang, dan masing-masing pemilik bisa memiliki dua profil.

Netflix (free) trial

Netflix memberikan masa percobaan gratis (free trial) selama satu bulan untuk akun yang baru didaftarkan. Kesempatan ini dimanfaatkan banyak orang untuk menjual akun-akun Netflix baru. Jadi, kalau Anda membeli akun trial, berarti Anda membeli akun gratisan, yang sebenarnya Anda pun bisa membuatnya sendiri tanpa biaya.

Lalu bagaimana setelah satu bulan dan masa trial-nya habis? Biasanya kalau ada pelanggan yang mau memperpanjang masa aktifnya si penjualnya akan membuka slot penjualan untuk mengumpulkan orang-orang yang mau membeli akun sharing sehingga akun baru tersebut bisa dilanjutkan.

Pertanyaan-pertanyaan umum seputar akun Netflix

Apakah film yang dimainkan di akun Netflix sharing bisa ketahuan sama orang lain?
Bisa, judul film yang lagi dimainkan bisa ketahuan sama orang lain. Tapi hanya kalau jumlah penontonnya melebihi batas atau screen limit, dan yang ditampilkan hanya nama atau jenis perangkat dan judul filmnya saja, bukan nama profilnya.

Untuk paket Mobile/Ponsel dan Basic/Dasar yang jumlah layar aktifnya hanya satu, Netflix akan memunculkan peringatan screen limit ketika ada orang kedua yang mencoba menonton. Sedangkan untuk paket Standar, akan muncul peringatan ketika ada orang ketiga yang mencoba menonton. Begitu pun pada pake Premium, pesan peringatan screen limit baru akan muncul ketika ada orang kelima yang mencoba menonton. Tapi seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya, informasi yang ditampilkan hanyalah jenis atau nama perangkat dan judul filmnya, bukan nama profilnya, jadi Anda tidak akan tahu sebuah film sedang dimainkan oleh profil yang mana.

Apakah jumlah layar aktif dihitung bedasarkan judul filmnya?
Layar aktif dihitung bersarkan jumlah perangkat yang sedang dinonton, judulnya terserah. Misalnya, Profil A menonton film XXX dan Profil B menonton film YYY, berarti ada dua layar aktif pada akun tersebut.

Apakah bisa menonton Netflix kalau layar aktifnya sudah maksimum?
Bisa, tinggal download film yang mau Anda nonton, kemudian aktifkan mode pesawat dan nonton film yang sudah Anda download. Proses download tidak akan terhitung sebagai layar aktif, dan Anda tetap bisa membuka aplikasi Netflix walaupun sedang offline.

Referensi: https://aplikasyik.com/android/tips-trik/daftar-netflix-indonesia/

You may also like...