Baru di WhatsApp: Satu akun di beberapa perangkat

Fitur multi-perangkat untuk WhatsApp akhirnya tersedia secara resmi. Dengan fitur ini pengguna dapat menautkan atau membuka sebuah akun WhatsApp di beberapa perangkat lain.

Pengguna dapat menghubungkan sampai dengan empat perangkat berbeda dalam satu akun yang sama.

Dikutip dari blog WhatsApp:

sekarang Anda dapat menautkan ponsel hingga ke empat perangkat, sama halnya dengan menautkan WhatsApp di browser webtablet, dan desktop. Setiap ponsel yang ditautkan akan terhubung ke WhatsApp secara independen, guna memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi Anda terenkripsi secara end-to-end, dan jika perangkat utama Anda tidak aktif selama periode yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya.

Cara menghubungkan WhatsApp ke perangkat baru

  1. Buka WhatsApp di perangkat utama Anda.
  2. Tap Opsi lainnya > Perangkat tertaut > Tautkan perangkat.
  3. Buka kunci perangkat utama:
    • Jika perangkat Anda memiliki fitur autentikasi biometrik, silakan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
    • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci perangkat Anda.
  4. Arahkan perangkat utama Anda ke layar perangkat yang ingin ditautkan untuk memindai kode QR.

Anda tidak perlu terus menghubungkan perangkat ke Internet untuk menggunakan WhatsApp di perangkat tertaut. Namun, perangkat tertaut akan dikeluarkan dari WhatsApp jika Anda tidak menggunakan telepon selama lebih dari 14 hari.

Untuk perangkat tertaut, ada beberapa fitur yang tidak tersedia. Yaitu:

  • Melihat lokasi terkini.
  • Membuat dan melihat daftar siaran.
  • Menambahkan dan menghapus status pada perangkat tertaut.

Setelah ditautkan, perangkat (smartphone) yang baru tersebut akan butuh waktu untuk menyinkronkan data. Kurang lebih sama dengan WhatsApp web atau desktop yang butuh sinkronisasi ketika baru dihubungkan. Tepat setelah Anda menautkan perangkat, perangkat Anda akan mengirim salinan riwayat pesan terbaru yang terenkripsi secara end-to-end ke perangkat yang baru saja ditautkan. Riwayat pesan akan disimpan secara lokal di perangkat tertaut. Diperlukan waktu beberapa menit agar riwayat pesan dapat muncul di perangkat tertaut, tergantung jumlah pesan dalam chat.